Bola Internasional

3 Tanda Tanya di Pekan Terakhir Bundesliga Musim Ini

Jumat, 17 Mei 2019 16:22 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© Twitter/@OmnisportNews
Momen para pemain merayakan gol pada pertandingan Bayern Munchen vs Borussia Dortmund di Bundesliga Jerman, Sabtu (06/04/19). Copyright: © Twitter/@OmnisportNews
Momen para pemain merayakan gol pada pertandingan Bayern Munchen vs Borussia Dortmund di Bundesliga Jerman, Sabtu (06/04/19).

INDOSPORT.COM - Bundesliga Jerman bakal memasuki pekan terakhir pada Sabtu (18/05/19) besok. Seperti Liga Primer Inggris, kompetisi kasta teratas di Jerman itu harus menentukan juara di pekan terakhir. 

Dua tim teratas saat ini, Bayern Munchen dan Borussia Dortmund, sama-sama masih berpeluang merengkuh gelar juara. 

Namun, bukan hanya mahkota juara yang masih menjadi tanda tanya jelang pekan terakhir Bundesliga. Masih ada dua teka-teki lain yang menanti untuk menemukan jawaban. 

Termasuk gelar juara, ini tiga tanda tanya di pekan terakhir Bundesliga musim ini. 

1. Penentuan Juara

Borussia Dortmund sempat begitu dominan musim ini. Sampai awal tahun, Dortmund memimpin klasemen dengan selisih tujuh poin lebih banyak dari pesaing terdekatnya, Bayern Munchen. 

Namun, perlahan tapi pasti, Dortmund mengalami penurunan performa, terutama di seperempat terakhir fase liga.  Kekalahan dari Munchen dan juga rentetan hasil imbang menjadi penyebabnya. 

Memasuki pekan ke-38 alias pekan terakhir ini, Bayern Munchen memimpin dengan 75 poin, berselisih dua angka dari Dortmund yang mengoleksi 73 poin. 

Pada laga terakhir, Munchen akan menjamu tim kuda hitam, Eintracht Frankfurt. Sementara Dortmund harus tandang ke markas Monchengladbach. 

Bayern cukup meraih hasil imbang untuk menjuarai Bundesliga musim ini. Sementara Dortmund membutuhkan tiga poin sambil berharap FC Hollywood kalah.  

2. Tiket Terakhir Liga Champions

Persaingan tak kalah seru terjadi di luar posisi tiga besar. Empat tim masih berpeluang merebut tiket terakhir zona Liga Champions. 

Mereka adalah Monchengladbach (55 poin), Leverkusen (55 poin), Frankfurt (54 poin), dan Wolfsburg (52 poin). Jarak poin keempatnya tak lebih dari tiga angka. 

Saat ini Monchengladbach berpeluang besar lolos karena tengah duduk di posisi empat. Namun, mereka bertemu lawan kuat, Dortmund, di pekan terakhir. 

Dortmund tentunya bakal habis-habisan demi peluang merebut gelar juara. Sementara Frankfurt juga bertemu lawan kuat, Bayern Munchen

Jika keduanya kalah, maka Leverkusen berpeluang finis di posisi empat karena mereka hanya menghadapi tim papan tengah, Herta Berlin. 

3. Top Skor 

Walau tak seketat persaingan juara dan zona Liga Champions, perebutan gelar top skor juga patut untuk dinanti. 

Saat ini ada dua pemain yang berpeluang menjadi top skor, yakni Robert Lewandowski dan Paco Alcacer. 

Namun, Lewandowski memiliki peluang lebih besar karena telah mengoleksi 22 gol, empat gol lebih banyak dari Alcacer. 

Terus Ikuti Perkembangan Bundesliga dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM