Bola Internasional

PSSI Primavera, Pembuka Hubungan Baik Sepak Bola Indonesia dan Italia

Sabtu, 18 Mei 2019 19:45 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Arum Kusuma Dewi
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Setelah menjalani pemusatan latihan di Inggris, Tim Garuda Select dijadwalkan betolak ke Italia, selayaknya mengulang nostalgia tim Primavera di dekade 90-an.

Melihat suksesnya pemusatan latihan di Inggris, PSSI berencana mengirim tim Garuda Select untuk kembali menjalani pemustan latihan di Italia. 

Dan seperti banyak diketahui, tanah Italia mempunyai cerita yang begitu melekat terhadap perkembangan babat-bakat muda Indonesia pada tahun 90-an lewat program tim Primavera yang diisi pemain-pemain U-19.

Selayaknya Garuda Select kini yang diagendakan dalam dua gelombang tim, tim Primavera kala itu pun demikian. Gelombang pertama, pemain dikirim untuk mengikuti kompetisi junior di Italia pada musim 1993/94. Setelahnya setahun berselang, tim kedua menyusul di musim 1994/95.

Tim Primavera gelombang pertama berangkat pada Jumat (16/07/93) dalam sebuah acara pelepasan di Gedung KONI Pusat oleh Sekjen KONI Letjend. Marinir (Purn.) Kahpi Suriadiredja.

Saat itu ada 24 pemain yang dikirim, sebelum akhirnya mengalami pencoretan lima pemain, yang belakangan namanya dimasukkan ke tim Primavera gelombang kedua.