In-depth

Garuda Select: Versi Modern Primavera yang Jadi Program Gagal Masa Lalu?

Jumat, 15 Maret 2019 11:29 WIB
Editor: Rafif Rahedian
© Indosport.com
Garuda Select dan PSSI Primavera. Copyright: © Indosport.com
Garuda Select dan PSSI Primavera.

INDOSPORT.COM – Sejumlah pesepak bola muda Indonesia yang dipilih untuk masuk ke dalam skuat Garuda Select telah terbang ke Inggris untuk mengemban ilmu. Itu sudah mereka jalankan sejak pertengahan Januari lalu. Namun, benarkah Garuda Select merupakan versi modern dari program Primavera beberapa tahun lalu?

Garuda Select telah menjalankan pertandingan uji coba melawan klub-klub ternama Inggris. Dari dua pertandingan terakhir, mereka sukses mengalahkan Queens Park Rangers U-18 dan Blackburn U-18 dengan skor telak 4-0.

Tim yang mayoritas diisi oleh skuat Timnas Indonesia U-16 asuhan Fakhri Husaini tersebut mendapatkan program latihan rutin, fasilitas terbaik, dan melakoni pertandingan uji coba menghadapi klub profesional Inggris usia muda di akhir pekan.

Namun bagi sebagian pecinta sepak bola nasional, agenda ini sedikit mengingatkan mereka pada program PSSI Primavera dan Baretti yang dijalankan pada 1993-1996 silam.

Alhasil, beberapa pemain Indonesia seperti Kurniawan Dwi Yulianto, Bima Sakti hingga Kurnia Sandy terpilih diizinkan untuk berkompetisi di Liga Primavera Italia 1993/94.

Bukan hanya Primavera, PSSI juga membentuk Sociedad Anonima Deportiva (SAD) Indonesia untuk menimba ilmu di kompetisi usia muda Uruguay, yakni Liga Quinta Division U-17.

Sekedar informasi, salah satu pemain SAD Indonesia yang sampai saat ini masih aktif bermain adalah penggawa Persija Jakarta Novri Setiawan dan kapten Tira Persikabo, Manahati Lestusen.

Kini giliran Bagus Kahfi dan kawan-kawan yang akan mengikuti jejak Kurniawan Dwi Yulianto hingga Novri Setiawan. Harapannya adalah semua pemain Garuda Select bisa tetap konsisten meski usianya mulai menua.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
100%