Bola Internasional

Starting XI Mengerikan Brasil yang Terpinggirkan di Copa America 2019

Sabtu, 18 Mei 2019 11:59 WIB
Penulis: Fuad Noor Rahardyan | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© FRANCK FIFE / Staff / Getty Images
Logo Jersey Timnas Brasil Copyright: © FRANCK FIFE / Staff / Getty Images
Logo Jersey Timnas Brasil

INDOSPORT.COM – Berlimpahnya talenta sepak bola di Brasil membuat banyak pemain bintang yang terpinggirkan dari skuat Negeri Samba di gelaran Copa America 2019. Hal tersebut dipastikan setelah Tite memilih 23 nama yang akan memperkuat Selecao di ajang sepak bola bergengsi kawasan Amerika Selatan tersebut.

Jika dijadikan starting eleven, sebelas pemain bintang yang tak masuk skuat Brasil ini masih bisa menjadi tim yang mengerikan. Mereka rata-rata bermain di liga top Eropa seperti Liga Primer Inggris, LaLiga Spanyol, dan Serie A Italia.

Adapun di posisi kiper yang akan mengisi tim tersebut ialah Neto. Dalam dua musim terakhir, ia mencatatkan total 76 penampilan di bawah mistar gawang klub LaLiga Spanyol, Valencia. Namun, ia masih kalah saing dengan dua kiper terbaik Liga Inggris, Alisson Becker (Liverpool) dan Ederson Moraes (Manchester City).

Selanjutnya, Marcelo (Real Madrid), Danilo (Manchester City), Alex Telles (Porto), dan Felipe (Porto) bisa disejajarkan di lini belakang. Tak dipanggilnya Marcelo cukup menjadi kejutan mengingat ia kalah saing dengan Filipe Luis (Atletico Madrid) yang dua tahun lebih tua.

© Getty Images/Alex Caparros
Marcelo berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Barcelona di pekan ke-10 La Liga 2018/19. Copyright: Getty Images/Alex CaparrosMarcelo berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Barcelona di pekan ke-10 La Liga 2018/19.

Di posisi tengah, ada Fabinho (Liverpool), Lucas Moura (Tottenham), Douglas Costa (Juventus), dan Rafinha serta Malcom (Barcelona). Tak dipanggilnya Fabinho dan Moura amat disayangkan karena keduanya membawa masing-masing klubnya ke partai puncak Liga Champions 2018/19. Begitu pula Costa dan Malcom yang mendapatkan gelar juara liga pada musim ini.

Di lini depan, Willian (Chelsea) dan Vinicius Junior (Real Madrid) bisa diduetkan jika ingin memiliki akselerasi berbahaya. Kiprah keduanya di masing-masing klub bisa dibilang tak mengecewakan.

© Getty Images
Willian, gelandang serang Timnas Brasil. Copyright: Getty ImagesWillian, saat membela Timnas Brasil.

Willian bersama The Blues lolos ke final Liga Europa musim 2018/19. Sedangkan, Vinicius sempat menjadi pilihan utama di pertengahan musim ini saat timnya masih diasuh Santiago Solari.

Jangan lupakan pula ada nama Willian Jose, penyerang murni yang sejatinya cukup berpengaruh dalam skuat Real Sociedad. Bersama klub LaLiga Spanyol tersebut, Willian Jose berhasil mencetak 11 gol dan lima assists dari 30 laga yang telah dilakoninya.

© buildlineup.com
Line-up Brasil yang terlupakan Copyright: buildlineup.comLine-up Brasil yang terlupakan

Sebagai tuan rumah, Brasil tentu mengincar gelar juara Copa America tahun ini setelah tak menjuarainya sejak 2007. Namun, tidak adanya sebelas pemain di atas bisa menjadi resiko yang sangat besar. Menilik kiprah Lucas Moura, ia terbukti bisa menentukan kemenangan klubnya di saat-saat akhir.

Selain itu, lima nama yang dipanggil Tite yakni Thiago Silva (PSG), Arthur Melo (Barcelona), Fernandinho (Manchester City), Philippe Coutinho (Brasil), dan Roberto Firmino (Liverpool) masih menderita cedera. Hal tersebut cukup riskan mengingat adanya potensi cedera lanjutan yang dapat mengurangi kekuatan tim Selecao.

Progres Pembangunan Stadion BMW 3 Bulan Setelah Peletakan Batu Pertama

Ikuti Update Berita Sepak Bola Internasional Lainnya di INDOSPORT.COM

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
100%