Liga Indonesia

Diikuti 20 Tim, Ini Jadwal dan Format Liga 3 2019 Zona Jawa Tengah

Minggu, 19 Mei 2019 20:17 WIB
Penulis: Prabowo | Editor: Isman Fadil
© Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Pemain Persebi Boyolali (biru) berebut bola dengan pemain Sriwijaya FC dalam uji coba beberapa waktu silam. Persebi jadi salah satu peserta Liga 3 Jateng 2019. Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT. Copyright: © Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Pemain Persebi Boyolali (biru) berebut bola dengan pemain Sriwijaya FC dalam uji coba beberapa waktu silam. Persebi jadi salah satu peserta Liga 3 Jateng 2019. Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT.

INDOSPORT.COM - Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Jawa Tengah (Jateng) segera menggelar kompetisi Liga 3. Kompetisi yang dimulai dari tingkat provinsi itu akan berlangsung mulai 14 Juli mendatang.

Sebanyak 20 tim akan beradu performa untuk merebut tiket ke babak regional, nasional, hingga akhirnya bisa promosi ke Liga 2 musim depan. Jika melihat data musim lalu, jumlah kontestan yang turut serta di kompetisi tingkat Jawa Tengah meningkat.

"Berdasarkan analisis dari tim teman-teman Asprov PSSI Jateng, target kami memang diikuti 20 peserta. Kalau tahun lalu ada 18 tim yang ikut," kata Sekretaris Asprov PSSI Jateng, Purwidyastanto saat berbincang dengan INDOSPORT.com, Minggu (19/05/19).

Dia memaparkan, Asprov PSSI Jateng lebih dulu menggelar manager meeting dan workshop pada 22 Juni mendatang. Meski demikian, format dan aturan di kompetisi nanti sudah diketahui.

Nantinya, 20 peserta akan dibagi menjadi lima grup masing-masing dihuni empat tim. Lalu dua posisi teratas akan masuk ke babak delapan besar yang kembali dibagi dua grup. Juara dan runner-up grup berhak mendapatkan tiket ke semifinal. Pemenang di fase empat besar akan lolos ke final yang rencananya berlangsung 13 Oktober.

"Mulai babak penyisihan hingga semifinal digelar dengan sistem kandang-kandang. Hanya final saja yang menggunakan single match," tambahnya.

"Untuk jatah lolos ke babak regional, kami masih menunggu dari PSSI Pusat. Kalau musim lalu ada lima slot. Harapan kami minimal masih sama, syukur-syukur bisa tambah," kata Anto.

Anto menambahkan, Asprov PSSI Jateng sumringah dengan kembali munculnya gairah klub-klub yang sempat vakum. Dia menunjuk PSISra Sragen dan Persak Kebumen yang sempat punya performa oke di kancah sepak bola nasional.

"Beberapa tahun silam PSISra pernah promosi ke Divisi I. Lalu Persak juga sempat jadi tim bagus dengan mendatangkan pemain bintang di 2015 lalu, meski kompetisi akhirnya tak berlanjut," ujarnya.

"Kami berharap ini jadi motivasi mereka kembali untuk bersaing di kompetisi Liga 3. Tentu juga hingga melangkah sejauh mungkin nantinya," pungkas Anto.

Berikut daftar peserta Liga 3 Zona Jawa Tengah:

  1. PSD Demak
  2. Berlian Rajawali USM Semarang
  3. Persibangga Purbalingga
  4. Persibas Banyumas
  5. Persikama Kab. Magelang
  6. Persitema Temanggung
  7. Persipur Purwodadi
  8. Persip Kota Pekalongan
  9. PSIP Pemalang
  10. PSISra Sragen
  11. Persiku Kudus
  12. PPSM Sakti Magelang
  13. Persak Kebumen
  14. Persegal Kota Tegal
  15. Persekap Kab. Pekalongan
  16. Persebi Boyolali
  17. Persekat Kab. Tegal
  18. Persipa Pati
  19. Persikaba Blora
  20. Persab Brebes

Keseruan Pertandingan Terakhir Persija Jakarta di Piala AFC 2019

Terus Ikuti Perkembangan Sepak Bola Seputar Liga 1 Hanya di INDOSPORT.COM