Liga Indonesia

Masih Ingat Eks Persija Jakarta Pedro Javier? Begini Keadaannya Sekarang

Minggu, 19 Mei 2019 16:01 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Isman Fadil
© cornernews
Mantan pemain Persija Jakarta, Pedro Javier. Copyright: © cornernews
Mantan pemain Persija Jakarta, Pedro Javier.

INDOSPORT.COM - Salah satu penyerang asing yang pernah meramaikan belantika sepak bola Indonesia, yakni Pedro Javier Velazquez Insfran tentu tak asing di telinga penggemar si kulit bundar. Lantas bagaimana kabarnya sekarang?

Striker asal Paraguay yang biasa dipanggil Pedro Javier ini direkrut Semen Padang pada musim 2005-2006 dari tim asal Amerika Latin Club Sol de America.

Pemain dengan tinggi 184 cm ini didatangkan Semen Padang untuk menjadi juru gedor tim. Lantaran Pedro Javier sempat meraih gelar juara Segunda Division (2000) dan Primera Division (2002) di Paraguay.

Tentu capaian tersebut diharapkan bisa menular ke Semen Padang. Semangat pantang menyerah hingga mental juara ada dalam diri Pedro Javier.

Akan tetapi musim perdananya di Indonesia, Pedro Javier belum begitu garang. Barulah pada 2006, ia bisa nyetel dengan Semen Padang dan dalam dua musim Pedro mencetak 17 gol dari 33 laga.

© Goal
Pedro Javier Persija Jakarta Copyright: GoalPedro Javier, eks Persija Jakarta.

Pedro mengantar Semen Padang finis diurutan ke-10 wilayah barat dengan mengoleksi 32 poin pada 2005. Sedangkan musim berikutnya berakhir di urutan ke-11 dengan 29 angka.

Usai tak diperpanjang, Pedro Javier dikontra tim Divisi Satu PSDS Deli Serdang selama dua musim (2006-2007) dengan mencetak delapan gol dari 16 partai yang dijalaninya.

Berikutnya Pedro Javier menerima pinangan Persibom Bolaang Mongondow (tim Sulawesi Utara) selama dua musim (2007-2008). Striker yang lahir pada 13 Mei 1983 ini mencetak 15 gol dari 31 laga.

Lalu ia pun meninggalkan Indonesia dengan menerima pinangan klub luar negeri selama beberapa musim lamanya. Rata-rata yang mengontrak jasanya tim dari Amerika Latin.

Barulah kecemerlangan Pedro Javier muncul kembali usai Persija Jakarta mendatangkannya pada awal 2011 silam dari klub asal Bolivia The Strongest.

© Ardiyansyah/INDOSPORT
Caption Copyright: Ardiyansyah/INDOSPORTMantan striker Gresik United Pedro Javier.

Bersama Persija ia kerap ditandemkan dengan Bambang Pamungkas dan Aliyudin. Di musim pertamanya Pedro mengantarkan Persija finis diurutan kelima dengan mengoleksi 52 poin.

Total Pedro Javier mengumpulkan 22 gol dari 42 pertandingan yang dijalani bersama Persija dari berbagai kompetisi. Jumlah yang cukup baik untuk Pedro.

Akan tetapi kariernya semakin menurun usai dilepas Persija. Pedro Javier sempat membela tim Kolombia Fortaleza FC pada musim 2013 sebelum akhirnya menerima tawaran Gresik United setahun kemudian.

Pedro Javier hanya membuat empat gol saja dari 10 pertandingan dan mengantarkan Gresik United finis di posisi kesembilan wilayah barat dengan 21 poin.

Di 2015, Pedro Javier dikontrak oleh Persela Lamongan tetapi hanya mencetak empat gol dari 16 partai yang dijalani diberbagai kompetisi. Karena pada tahun yang sama PSSI dibekukan FIFA.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Pedro Javier (@torovelazquez) on

Lalu pada 2016, Borneo FC memakai jasa Pedro Javier yang sukses mencetak 14 gol dari 32 laga di Indonesia Soccer Championship A. Namun kontraknya tak diperpanjang.

Bahkan manajemen Borneo FC sangat baik sekali dengan berusaha mencari klub untuk Pedro Javier pada 2017 lalu. Hingga kini Pedro Javier tak memiliki klub baru.

Dalam beberapa unggahan di akun media sosial Instagram pribadinya memperlihatkan Pedro banyak sekali membagikan momen sedang berlatih di tempat gym.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Pedro Javier (@torovelazquez) on

Selain itu Pedro juga kerap mengumbar kenangan bersama klub-klub yang dibelanya dulu, baik di Indonesia maupun di luar negeri.

Dalam beberapa foto di akun Instagram Pedro Javier memperlihatkan bukti persahabatan dengan calon pemain naturalisasi Fabiano Beltrame dibeberapa kesemapatan.

Terus Ikuti Update Pedro Javier dan Berita Sepak Bola Internasional Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
33%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
33%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
33%