Liga Indonesia

Perbandingan Mario Gomez dan Rene Alberts, Mana yang Terbaik untuk Persib?

Minggu, 19 Mei 2019 15:32 WIB
Editor: Rafif Rahedian
 Copyright:

INDOSPORT.COMPersib Bandung menjadi tim yang selalu melakukan pergantian di kursi kepelatihan sejak kompetisi Liga 1 2017. Di mulai dari Djajang Nurdjaman, hingga dua merekrut dua pelatih asing sekelas Mario Gomez dan Robert Rene Alberts.

Mario Gomez menjadi pelatih yang mampu membawa pengaruh besar untuk membangkitkan mental para pemain Persib. Setelah gagal total di Liga 1 2017, Mario Gomez mampu membawa Persib menjadi juara paruh musim pada 2018 lalu.

Padahal, penampilan Persib sempat diragukan setelah tampil buruk di turnamen Piala Presiden 2018 lalu dan terseok-seok di awal musim Liga 1 2018. Namun Mario Gomez memberikan evaluasi yang sempurna hingga membawa Persib ke papan atas.

Namun karena masalah internal, Mario Gomez tidak mendapatkan kontrak tambahan bersama Persib pada musim 2019. Kini pelatih asal Argentina tersebut menukangi klub asal Kalimantan, yakni Borneo FC.

Sedangkan manajemen Persib saat ini memilih Rene Alberts sebagai pelatih mereka pada musim 2019 ini. Setelah resmi mendepak Miljan Radovic, Maung Bandung pun mempercayakan mantan pelatih PSM Makassar tersebut.

Perbandingan Mario Gomez dan Rene Alberts

© fourfourtwo
Roberto Carlos Mario Gomez Copyright: fourfourtwoRoberto Carlos Mario Gomez saat masih menjadi pelatih Persib.

Memang terlalu terburu-buru membandingkan dua pelatih saat ini. Mengingat, Rene Alberts baru menjalani dua pertandingan bersama tim yang mendapatkan julukan Pangeran Biru tersebut.

Namun tak ada salahnya membandingkan dua pelatih asing tersebut dalam dua pertandingan awal bersama Persib. Karena ini bisa berpengaruh terhadap penampilan Persib sepanjang musim 2019.

Kita awali dari Mario Gomez. Pelatih berambut putih itu punya debut manis berama Persib. Itu terjadi ketika Persib berhasil mengalahkan Sriwijaya FC di pertandingan perdana Piala Presiden 2018 lalu dengan skor tipis 1-0.

Namun Mario Gomez justru tumbang di pertandingan kedua saat berhadapan dengan PSMS Medan. Saat itu, Maung Bandung dipaksa menyerah dengan skor 0-2 lewat gol Frets Butuan dan Antony Nugroho.

Catatan tersebut terbilang tidak cukup buruk bagi seorang pelatih. Karena sebelumnya, Mario Gomez telah mengantongi kemenangan atas tim bertambur bintang, Sriwijaya. Namun mereka justru tumbang di tangan tim promosi.

Sedangkan Rene Alberts punya catatan yang lebih fantastis dibandingkan dengan Mario Gomez. Pasalnya, pelatih berkebangsaan Belanda tersebut berhasil menyapu bersih dua laga awal dengan kemenangan.

© Arif Rahman/INDOSPORT
Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts Copyright: Arif Rahman/INDOSPORTPelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts saat memimpin sesi latihan.

Kemenangan pertama Rene Alberts didapatkan ketika Persib berhasil menumbangkan Borneo FC di leg kedua babak perempatfinal Kratingdaeng Piala Indonesia dengan skor 3-2. Sayangnya, kemenangan itu tak membuat Persib lolos ke semifinal.

Pada pertandingan kedua, Persib justru lebih mengesenkan dengan membantai Persipura Jayapura dengan skor 3-0. Catatan ini menandakan jika Rene Alberts lebih baik ketimbang Mario Gomez dalam dua laga awalnya bersama Persib.

Namun pecinta sepak bola harus menunggu hingga akhir musim terlebih dahulu, jika ingin melihat pelatih mana yang lebih berkualitas. Mengingat keduanya sama-sama bersaing di Liga 1 2019 ini.

Mario Gomez

Persib Bandung 1-0 Sriwijaya FC (Piala Presiden 2018)

PSMS Medan 2-0 Persib Bandung (Piala Presiden 2018)

Robert Rene Alberts

Persib Bandung 3-2 Borne FC (Kratingdaeng Piala Indonesia 2018/19)

Persib Bandung 3-0 Persipura Jayapura (Liga 1 2019)

Apa Rasanya Paralayang di Puncak Bogor?

Terus Ikuti Sepak bola Liga Indonesia dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT