Liga Spanyol

Statistik ‘Gila’ Lionel Messi di LaLiga Spanyol 2018/19

Senin, 20 Mei 2019 17:51 WIB
Penulis: Ervan Yudhi Triatmoko | Editor: Yohanes Ishak
© Matthias Hangst/GettyImages
Lionel Messi, pemain megabintang Barcelona. Copyright: © Matthias Hangst/GettyImages
Lionel Messi, pemain megabintang Barcelona.

INDOSPORT.COM – Megabintang klub Barcelona, Lionel Messi, benar-benar menguasai kompetisi Liga Spanyol 2018/19.

Tak hanya sukses mengantar Barcelona meraih trofi LaLiga Spanyol 2018/19, Messi juga punya catatan statistik yang bikin geleng-geleng kepala.

Dihimpun dari berita sports di Squawka Football, pemain berpaspor Argentina itu memuncaki daftar pencetak gol terbanyak LaLiga Spanyol 2018/19 dengan koleksi 36 gol. Ia unggul jauh dari rekan setimnya di Barcelona, Luis Suarez, yang mengoleksi 21 gol, dan bomber Real Madrid, Karim Benzema, yang mencetak 21 gol.

Gelar pencetak gol terbanyak LaLiga Spanyol 2018/19 merupakan gelar top scorer keenam yang pernah diraih Messi di kompetisi kasta teratas sepak bola Negeri Matador.

Tak hanya merajai daftar el pichichi alias top scorer LaLiga Spanyol 2018/19, Messi juga menempati posisi teratas daftar pemain dengan koleksi assist terbanyak.

Musim ini, pemain berjuluk Si Kutu itu mencetak 13 assist untuk Barcelona. Catatan 13 assist Messi sama dengan pemain Sevilla, Pablo Sarabia, dan unggul dari penggawa Villareal, Santi Cazorla, yang mencatatkan 10 assist musim ini.

Statistik Messi di kompetisi LaLiga Spanyol 2018/19 semakin ‘gila’ jika melihat parameter lainnya. Pemain berusia 31 tahun itu adalah pemain dengan jumlah tembakan tepat sasaran terbanyak (87), paling sering menciptakan peluang (92), dan paling sering melepaskan umpan di sepertiga akhir permainan (1139).

Catatan statistik pribadi seorang Lionel Messi sepanjang musim ini benar-benar sempurna karena dialah pemain yang paling banyak menetak hat-trick, yakni tiga kali, dan pemain paling sering mencetak dua gola alias brace, yakni tujuh kali.

Dengan catatan statistik luar biasa sepanjang musim ini, tak salah memang jika akhirnya kompetisi LaLiga Spanyol 2018/19 disebut sebagai ‘LeoLiga’ alias liga milik Lionel Messi.

Terus Ikuti Berita sepak bola Liga Spanyol Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM