Bola Internasional

Tanpa De Rossi, Ini 5 Pemain Aktif yang Telah Belasan Tahun Bela 1 Klub Saja

Senin, 20 Mei 2019 17:36 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Octavio Passos/Getty Images
Pemain AS Roma, Daniele De Rossi usai mencetak gol  ke gawang Porto di Liga Champions. Foto: Octavio Passos/Getty Images Copyright: © Octavio Passos/Getty Images
Pemain AS Roma, Daniele De Rossi usai mencetak gol ke gawang Porto di Liga Champions. Foto: Octavio Passos/Getty Images

INDOSPORT.COM - Terdapat lima pemain aktif Eropa yang telah belasan tahun hanya membela satu klub saja, tanpa memasukan nama Daniele De Rossi.

De Rossi sejauh ini telah membela AS Roma sejak 2001 silam. Pemain kelahiran Roma ini merupakan pemain muda yang dipromosikan ke tim utama AS Roma.

Pasca Francesco Totti pensiun dari AS Roma, De Rossi menjadi satu-satunya pemain yang masih membela tim ini. Ia masih kerap diturunkan sebagai starter.

Akan tetapi, Daniele De Rossi memastikan bakal tinggalkan klubnya akhir musim 2018/19. Dia akan menjalani pertandingan terakhirnya bersama AS Roma di pekan pamungkas Serie A Italia melawan Parma Calcio 1913 akhir pekan ini.

De Rossi pernah berujar kalau dirinya memiliki hubungan baik dengan AS Roma sejak kecil, lantaran ia tumbuh di Roma dari kecil, remaja, hingga dewasa.

© asroma.com
Daniele De Rossi melakukan selebrasi atas gol tunggalnya di pertandingan Sampdoria vs Roma, Minggu (070419). asroma.com Copyright: asroma.comDaniele De Rossi melakukan selebrasi atas gol tunggalnya di pertandingan Sampdoria vs Roma, Minggu (070419). asroma.com

Pemain 35 tahun tersebut telah membukukan 458 penampilan dan 43 gol bersama AS Roma di seluruh kompetisi yang telah ia jalani sejauh ini.

Selepas De Rossi, ternyata masih ada beberapa pemain aktif lainnya yang setia membela satu klub saja sepanjang karier mereka sejauh ini. Siapa saja kira-kira?

1. Igor Akinfeev (CSKA Moscow)

© Mike Kireev/NurPhoto/Getty Images
Igor Akinfeev berusaha menghalau bola dalam pertandingan melawan Meksiko di Piala Konfederasi 2017. Copyright: Mike Kireev/NurPhoto/Getty ImagesIgor Akinfeev berusaha menghalau bola dalam pertandingan melawan Meksiko di Piala Konfederasi 2017.

Pertama ada kiper CSKA Moscow Igor Akinfeev yang menjadi salah satu pemain paling setia dengan satu klub hingga belasan tahun lamanya.

Igor telah membela CSKA Moscow sejak 2002 silam alias 16 musim dengan membukukan 426 penampilan. Ia juga sempat dipercaya membela Timnas Rusia (2004-2018).

2. Loic Perrin (AS Saint-Etienne)

© Getty Images
Caption Copyright: Getty ImagesPemain AS Saint-Etienne Loic Perrin.

Pemain yang masih membela satu klub selama belasan tahun ialah Loic Perrin. Pemain 33 tahun ini membela klub Ligue 1 Prancis AS Saint-Etienne sejak 2003.

Bakat Perrin mulai tercium sejak belia dan direkrut di tim junior pada 1997. Lalu, enam musim berselang Perrin diberi kesempatan promosi ke tim utama AS Saint Etienne.

Sejauh ini, Loic Perrin telah membukukan 27 gol dari 368 penampilan sebagai bek berkebangsaan Prancis. Total Perrin telah membela AS Saint Etienne selama 16 musim.

3. Bruno Soriano (Villarreal)

© Getty Images
Caption Copyright: Getty ImagesPemain Villarreal Bruno Soriano.

Selanjutnya, gelandang bertahan Villarreal Bruno Soriano menjadi salah satu pemain yang masih bertahan membela satu klub sejak promosi ke tim utama.

Bruno Soriano telah membela Villarreal sejak 2006 silam. Total 317 penampilan dan 25 gol telah Bruno buat sepanjang 13 musim membela Villarreal.

4. Volodymyr Chesnakov (Vorskla Poltava)

© Nick Potts/Getty Images
Pemain Vorskla Poltava, Volodymyr Chesnakov saat laga Arsenal vs Vorskla Poltava. Foto: Nick Potts/Getty Images Copyright: Nick Potts/Getty ImagesPemain Vorskla Poltava, Volodymyr Chesnakov saat laga Arsenal vs Vorskla Poltava. Foto: Nick Potts/Getty Images

Salah satu gelandang bertahan atau bek Vorskla Poltava Volodymyr Chesnakov ikut menjadi pemain yang belasan tahun hanya membela satu klub saja.

Volodymyr Chesnakov pertama kali direkrut Vorskla Poltava pada 2006 silam dan telah membukukan 133 penampilan serta enam gol sejauh 13 musim bermain.

5Thomas Muller (Bayern Munchen)

© Getty Images
Caption Copyright: Getty ImagesStriker Bayern Munchen Thomas Muller.

Terakhir ada pemain yang dijuluki 'Si Penafsir Ruang' Thomas Muller yang bermain dengan Bayern Munchen di Bundesliga Jerman sejak 2008 silam.

Muller telah membuat 318 penampilan dan 110 gol selama 11 musim terakhir membela Bayern Munchen. Berbagai gelar bergengsi termasuk Liga Champions telah diraih Muller.

Terus Ikuti Update Berita Sepak Bola Internasoinal Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM.