Bola Internasional

Bukan Egy Maulana Vikri, Inilah Wonderkid yang Paling Mirip Lionel Messi

Selasa, 21 Mei 2019 14:37 WIB
Penulis: Fuad Noor Rahardyan | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Getty Images
Steven Bergwijn merupakan wonderkid dengan statistik paling mirip Lionel Messi bersama Ianis Hagi (Rumania) dan Oussama Idrissi (Maroko). Copyright: © Getty Images
Steven Bergwijn merupakan wonderkid dengan statistik paling mirip Lionel Messi bersama Ianis Hagi (Rumania) dan Oussama Idrissi (Maroko).

INDOSPORT.COM – Julukan ‘The Next Lionel Messi’ pada Egy Maulana Vikri dan 23 pemain lain di seluruh dunia yang disematkan oleh media Inggris baru-baru ini sama sekali tidak akurat. Secara statistik, tidak ada dari mereka semua yang performanya menyerupai megabintang Barcelona tersebut.

Rilisan perusahaan analisis data sepak bola Driblab menyebutkan bahwa Steven Bergwijn (Belanda; PSV Eindhoven), Ianis Hagi (Rumania; Viitorul Constanta), dan Oussama Idrissi (Maroko; AZ Alkmaar) merupakan tiga wonderkid yang mencatatkan statistik paling mendekati Messi.

Driblab diketahui membuat 12 indikator performa untuk menemukan pesepak bola yang memiliki kemampuan yang mirip dengan Messi. Driblab mengambil sampel data lebih dari 71 ribu pemain dari 2.300 klub di seluruh dunia.

Indikator tersebut meliputi partisipasi permainan, gol per tembakan, peluang gol, jumlah tembakan, sentuhan di kotak penalti lawan, peluang assist, umpan kunci, jumlah kehilangan bola, pressing, dan jumlah tembakan berhasil.

Adapun alasan penggunaan indikator tersebut didasarkan pada kemampuan Messi dalam menyerang. Messi memiliki keunggulan dalam 12 indikator di atas dan publik sepak bola dunia tentu kerap menyaksikannya mencetak gol, membuat assists, hingga melewati lawan dengan mudah.

Sama dengan Messi, ketiga wonderkid di atas beroperasi sebagai gelandang serang. Bergwijn menjadi poros serangan PSV dari sisi kiri. Dari 33 penampilannya di Eredivisie Belanda, ia mencetak 14 gol dan 12 assists. Pemain berusia 21 tahun ini unggul dalam hal peluang gol dan assist.

Selanjutnya, Hagi ‘hanya’ mencetak tujuh gol dan lima assists dalam 24 penampilan di Liga Rumania. Namun, kapten Viitorul yang masih berusia 20 tahun ini diyakini memiliki keunggulan dalam hal umpan kunci dan partisipasi permainan.

Adapun Idrissi yang juga berlaga di Eredivisie Belanda mencetak delapan gol dan tujuh assists dalam 32 penampilan. Ia juga diyakini memiliki keunggulan yang sama dengan Hagi.

Bukti statistik di atas sekaligus memupus julukan ‘The Next Lionel Messi’. Wonderkid top asal kompetisi Eropa yang mendapatkan titel tersebut seperti Alen Halilovic (Kroasia), Gerard Deulofeu (Spanyol), dan Martin Odegaard (Norwegia) ternyata sama sekali belum mendekati Messi.

Ikuti Update Berita Sepak Bola Internasional Lainnya di INDOSPORT.COM

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%