Bola Internasional

Nyatakan Hengkang, 4 Alasan Kylian Mbappe Harus Bertahan Dulu di PSG

Selasa, 21 Mei 2019 19:48 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© FRANCK FIFE/AFP/Getty Images
Selebrasi biasa Kylian Mbappe usai cetak gol ke gawang Monaco, Senin (22/04/19), di Parc des Princes Copyright: © FRANCK FIFE/AFP/Getty Images
Selebrasi biasa Kylian Mbappe usai cetak gol ke gawang Monaco, Senin (22/04/19), di Parc des Princes

INDOSPORT.COM - Hubungan Kylian Mbappe dan Paris-Saint Germain (PSG) serang kurang baik. Namun, alangkah baiknya Mbappe harus bertahan dulu di PSG.

Mbappe baru-baru ini mengutarakan kalau dirinya bisa saja hengkang dari PSG dalam waktu dekat. Hal itu ia sampaikan di acara Malam Penghargaan Ligue 1 2018/2019, Senin (20/5/19) lalu.

"Saya sudah banyak mendapat pelajaran di sini dan saya merasa bahwa saat ini merupakan momen yang bagus untuk saya mendapat tantangan lebih," kata Mbappe, dikutip dari Sky Sports.

Ungkapan tersebut membuat publik banyak yang menduga kalau Mbappe bakal hengkang ke Real Madrid, yang belakangan tengah dirumorkan. Namun, ada pula yang menduga kalau Mbappe ingin kenaikan gaji.

© INDOSPORT
Kylian Mbappe dalam laga Manchester United vs PSG. Copyright: INDOSPORTKylian Mbappe dalam laga Manchester United vs PSG.

Ungkapan tersebut langsung mendapat respons dari PSG. Mereka langsung memberikan pernyataan resmi kalau kedua belah pihak masih menjalin kerja sama.

"PSG dan Mbappe masih memiliki hubungan yang kokoh dalam beberapa tahun terakhir. Kami yakin kerja sama musim depan tetap berlanjut," papar PSG secara terpisah.

Terlepas dari spekulasi tersebut, ada baiknya Mbappe masih bertahan terlebih dahulu di PSG untuk saat ini. Sebab, ada beberapa keuntungan yang bakal diraih kedua belah pihak.

1. Performa Konsisten

© Xavier Laine / Contributor / Getty Images
Kylian Mbappe dan Choupo Moting Copyright: Xavier Laine / Contributor / Getty ImagesBintang PSG Kylian Mbappe dan Choupo Moting.

Usai dibeli dari AS Monaco pada musim 2017/2018 dengan status pinjaman, Kylian Mbappe mampu tampil gemilang bersama PSG dengan mengoleksi 13 gol dari 27 laga di Ligue 1.

Lalu pada Ligue 1 2018/2019, performa Mbappe semakin meningkat. Lantaran Mbappe mampu membuat 32 gol dari 28 laga yang dijalani sejauh ini.

Dengan melihat performa Mbappe yang konsisten bahkan lebih baik dalam dua musim terakhir, alangkah baiknya ia masih bertahan di PSG untuk mencapai performa paling puncak.

2. Perbanyak Gelar Domestik

© GETTYIMAGES
Kylian Mbappe berusaha untuk menyundul. Copyright: GETTYIMAGESKylian Mbappe berusaha untuk menyundul.

Lebih lanjut alasan Mbappe mesti bertahan di PSG untuk saat ini adalah memperbanyak portofolio berisi gelar domestik di Prancis.

Mbappe sejauh ini telah mengoleksi Ligue 1 sebanyak tiga gelar, satu Coupe de France, dan satu trofi Coupe de la Ligue. Total baru lima gelar yang diraih di Prancis.

Nah, alangkah baiknya Mbappe tetap memperbanyak gelar domestik untuk menambah namanya semakin melambung di dunia sepak bola internasional.

3. Perbanyak Gelar Individu

© Getty Images
Kylian Mbappe saat menerima piala Trophee Kopa di acara Ballon d Copyright: Getty ImagesKylian Mbappe saat menerima piala Trophee Kopa di acara Ballon d'or.

Kemudian, alasan berikutnya Mbappe mesti bertahan di PSG untuk sementara waktu ini adalah dengan memperbanyak gelar individu.

Mbappe sejauh ini telah mendapat gelar (saat dewasa) diantaranya UNFP Player of the Month, Golden Boy, hingga masuk nominasi FIFA FIFPro World XI.

Total 18 nama gelar individu berbeda telah diraih Mbappe. Namun, dengan bertahan di PSG, jumlah tersebut masih bisa bertambah.

4. Harga Naik

© Getty Images
Selebrasi Mbappe usai mencetak gol pada pertandingan Ligue 1 Prancis Copyright: Getty ImagesSelebrasi Mbappe usai mencetak gol pada pertandingan Ligue 1 Prancis

Terakhir alasan Mbappe mesti bertahan di PSG untuk sekarang ini adalah agar nilai pasarnya meningkat. Secara otomatis, harganya akan melesat seiring meningkatnya performa di lapangan.

Bila demikian, tak hanya Mbappe yang diuntungkan, PSG juga bisa mendapat keuntungan besar apabila kelak melepas sang bintang muda ketika di puncak performa.

Bukan mustahil nilai pasar Mbappe memecahkan rekor transfer dunia saat ini yang dipegang rekan setimnya, Neymar, senilai 222 juta euro.

Terus Ikuti Update Kylian Mbappe dan Berita Sepak Bola Internasional Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM.