In-depth

Kisah Paderborn Promosi ke Bundesliga Jerman Berkat Si Pengangguran Usai Nyaris Main Tarkam

Selasa, 21 Mei 2019 17:57 WIB
Editor: Coro Mountana
© SC Paderborn 07
Logo SC Paderborn 07 Copyright: © SC Paderborn 07
Logo SC Paderborn 07

INDOSPORT.COM – Memang hidup itu butuh diperjuangkan, niscaya hasil tidak akan mengkhianati kerja keras, mungkin falsafah hidup yang terpatri dalam setiap hati sanubari para pemain SC Paderborn 07.

Setelah berkubang dalam lumpur kekelaman di divisi bawah, akhirnya SC Paderborn 07 musim ini memastikan diri akan promosi ke Bundesliga Jerman musim 2019/20 mendatang.

Meskipun kalah di pekan terakhir melawan Dynamo Dresden dengan skor 1-3, nyatanya Paderborn masih berhak lolos promosi setelah Union Berlin ditahan imbang oleh Bochum.

Union Berlin gagal mengkudeta Paderbon dari posisi kedua yang merupakan tiket terakhir untuk promosi secara otomatis. Kembalinya Paderborn ke kasta tertinggi Liga Jerman menjadi sebuah kisah yang cukup menginspirasi.

Pasalnya Paderborn hanya membutuhkan waktu 4 tahun saja untuk kembali ke Bundesliga Jerman setelah sempat terjatuh dalam lembah kekelaman. Di edisi terakhir Paderborn berada di Bundesliga, yaitu 2014/15, pun menyimpan cerita tersendiri.

Sempat Berada di Papan Atas Bundesliga Jerman

Di Bundesliga 2014/15, Paderborn sempat membuat kejutan dengan tidak terkalahkan dalam 4 laga awal (2 menang, 2 seri). Hasil tersebut sempat membawa euforia bagi Paderborn yang notabene hanya merupakan tim promosi saja saat itu.

“Ini mimpi bagi kami untuk tak terkalahkan setelah empat pertandingan awal, tapi kami tetap fokus untuk menjaga momentum yang baik ini,” ungkap pelatih Paderborn di musim 2014/15, Andre Breitenreiter, seperti yang dikutip dari situs resmi Bundesliga.

Namun, ternyata realitas memang terkadang lebih kejam dari apa yang dibayangkan. Setelah itu, Paderborn hanya mampu menang 5 kali di sepanjang musim yang mengantarkan mereka langsung terdegradasi.

Tak hanya itu, setelah terdegradasi, Paderborn terus terjatuh sampai-sampai nyaris menjadi tarkam (antar kampung atau amatiran). Tapi, hanya dalam waktu 4 tahun Paderborn berhasil merangkak hingga kembali ke Bundesliga lagi.

Bagaimana kisah perjuangan Paderborn untuk promosi lagi ke Bundesliga Jerman? Berikut INDOSPORT hadirkan ceritanya hanya untuk anda.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%