Bola Internasional

Juarai Piala Eropa, Pemain Muslim Bakal Dominasi Skuat Timnas Belanda Dalam Beberapa Tahun ke Depan

Selasa, 21 Mei 2019 14:30 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Eric Verhoeven/Soccrates/Getty Images
Pemain Belanda Merayakan gol Memphis Dephay. Copyright: © Eric Verhoeven/Soccrates/Getty Images
Pemain Belanda Merayakan gol Memphis Dephay.

INDOSPORT.COM - Timnas Belanda baru saja meraih gelar Piala Eropa U-17, dan beberapa tahun ke depan skuat The Orenje diprediksi bakal penuh dengan pemain muslim. Kenapa?

Pada final Piala Eropa U-17 yang berlangsung di Tallaght Stadium, Dublin, Minggu (19/05/19) waktu setempat, Timnas Belanda mengalahkan Italia dengan skor 4-2 dan membuat mereka merengkuh gelar Piala Eropa keempatnya.

Berhasil menjuarai Piala Eropa U-17, sedikit memberikan masa depan cerah untuk Timnas Belanda sebab mereka dipastikan tak akan kehabisan bibit-bibit muda untuk Timnas Seniornya.

Bahkan tak cuma bakat, Timnas Belanda dalam beberapa tahun kedepan juga kemungkinan bakal mencetak sejarah baru yakni skuat dengan pemain bergama islam terbanyak dalam sejarah Belanda.

Hal tersebut didasari oleh kiprah para pemain muda Belanda yang menjadi juara Piala Eropa U-17 tahun ini, di mana mayoritas bintang muda The Oranje tersebut beragama muslim.

Total dari 20 pemain yang tercatat dalam skuat Belanda di Piala Eropa U-17 2019 ini, terdapat enam pemain yang menganut agama islam yakni Anass Salah-Eddine, Mohamed Taabouni, Naci Unuvar, Soulyman Allouch, Naoufal Bannis dan Mohamed Sankoh.

Bahkan Naci Unuvar dan Naoufal Bannis berhasil mencetak gol di partai final saat berhadapan dengan Italia, serta membantu Belanda juara Piala Eropa U-17.

Jumlah pemain muslim dalam Timnas Belanda U-17 di gelaran Piala Eropa U-17 kali ini, lebih banyak dalam gelaran Piala Eropa yang diikuti Belanda dua tahun sebelumnya.

© uefa.com
Pemain Timnas Belanda merayakan gelar juara Piala Eropa U-17 Copyright: uefa.comPemain Timnas Belanda merayakan gelar juara Piala Eropa U-17

Pada Piala Eropa U-17 2018, Timnas Belanda hanya membawa dua pemain beragama islam (Mohammed Ihattaren dan Nordin Musampa), sedangkan di tahun 2017 The Oranje diperkuat 4 pemain muslim.

Dengan usia yang masih muda, para pemain muda tersebut diprediksi bakal terus bersinar bahkan dapat menembus skuat Timnas Senior Belanda dalam beberapa tahun kedepan.

Andai para jebolan Timnas Belanda yang berhasil menjaurai Piala Eropa U-17 tahun 2018 dan 2019, khususnya pemain muslim mampu menembus skuat Timnas Senior, maka hal tersebut bisa menjadi rekor baru untuk The Oranje.

Sebab sepanjang sejarahnya, skuat Belanda sangat jarang didominasi oleh pemain muslim, terakhir hanya ada nama Bruno Martins Indi dan Ibrahim Afellay yang pernah bersaragam Belanda.

Ikuti Update Berita Sepak Bola Internasional Lainnya di INDOSPORT.COM

IDS Emoticon Suka
Suka
100%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%