Liga Indonesia

Rene Mihelic, Diragukan Hingga Menjelma Jadi Ivan Rakitic-nya Persib Bandung

Selasa, 21 Mei 2019 10:08 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Isman Fadil
© Explore Persib
Rene Mihelic ketika jalani debut bersama Persib Bandung Copyright: © Explore Persib
Rene Mihelic ketika jalani debut bersama Persib Bandung

INDOSPORT. COM - Rene Mihelic terbilang mampu tampil mengesankan dalam debutnya bersama Persib Bandung di Liga 1 2019. Ia bahkan mendapat julukan baru, yakni sebagai Ivan Rakitic-nya Persib Bandung.

Ya, Rene Mihelic pada Sabtu (18/05/19) lalu berhasil menciptakan sejarah dalam karier sepak bolanya. Ia mencatatkan penampilan perdana bersama Persib Bandung di kompetisi kasta tertinggi sepak bola Indonesia, Shopee Liga 1 2019.

Rene Mihelic turun berlaga membela Persib Bandung dalam laga pekan pertama Liga 1 2019 kontra Persipura Jayapura. Pemain asal Slovenia itu dipercaya untuk menjadi pemain utama yang mengawal lini tengah Persib Bandung.

Hasilnya pun berbuah manis, peran Rene Mihelic mampu membantu Persib Bandung meraih kemenangan besar. Persib Bandung mengandaskan Persipura Jayapura dengan skor meyakinkan, 3-0.

Walau tak mencetak gol, Rene Mihelic tetap mendapat sambutan meriah dari Bobotoh. Penampilan apiknya di lini tengah, membuat Rene Mihelic disejajarkan dengan gelandang Barcelona, Ivan Rakitic.


Sempat Diragukan

Jauh sebelum laga pekan pertama Liga 1 2019, sosok Rene Mihelic sempat diragukan kemampuannya. Terutama bila melihat masa transisi pergantian pelatih yang dialami Persib Bandung.

Rene Mihelic sejatinya mau merapat ke Persib Bandung berkat tawaran pelatih Miljan Radovic. Ia diajak Miljan Radovic bergabung dan menyetujuinya.

"Saya pertama kali ngobrol sama coach Miljan, saya diminta untuk datang ke Persib. Ketika saya bicara dengan dia, saya putuskan untuk datang ke sini. Kita setuju dengan semua dan saya di sini sekarang," ucap Rene Mihelic menjelaskan peran Miljan Radovic.

Namun, sebelum Rene Mihelic resmi merapat, Miljan Radovic keburu didepak dari kursi kepelatihan Persib Bandung. Robert Rene Alberts yang menggantikan peran Miljan Radovic, awalnya meragukan kemampuan Rene Mihelic.

Maklum saja, Robert Rene Alberts belum pernah melihat kiprah Rene Mihelic di atas lapangan. Robert Rene Alberts pun mengakui masih perlu menilai secara langsung kemampuan yang dipunyai Rene Mihelic.

"Untuk pemain baru, saya tahu akan ada satu pemain asing yang akan datang, dia Rene dari Slovenia. Tapi saya belum tahu bagaimana kualitasnya. Tapi kita akan lihat nanti bagaimana kemampuannya,” ungkap Robert Rene Alberts.

Proses Adaptasi

Rene Mihelic resmi merapat ke Persib Bandung pada tanggal 7 Mei 2019. Sejak saat itu, Rene Mihelic terus berupaya melakukan adaptasi dengan lingkungan baru di Persib Bandung.

Sosok Rene Mihelic sendiri belum pernah sekalipun merumput di Indonesia. Ia nampaknya juga terbentur kendala perbedaan bahasa, sehingga bisa menyulitkan masa adaptasinya.

Namun, Rene Mihelic mengaku mendapat bantuan dari rekan setimnya, Bojan Malisic. Rene Mihelic mengungkapkan kalau Bojan Malisic membantunya untuk berkomunikasi lantaran menguasai bahasa yang sama.

"Semua pemain sangat baik sama saya, tapi Bojan bicara bahasa yang sama seperti saya, jadi saya membicarakan banyak hal dengan dia. Dia memberikan saya dukungan, sehingga semuanya berjalan mudah bagi saya," kata Rene Mihelic.

Adaptasi yang diperlihatkan Rene Mihelic, ternyata sampai mendapat pujian dari pelatih Robert Rene Alberts. Sempat ragu, Robert Rene Alberts akhirnya mengakui kualitas Rene Mihelic.

Menurut Robert Rene Alberts, Rene Mihelic mempunyai kondisi fisik bagus. Selain itu, Rene Mihelic juga punya skill olah bola menawan yang membuat Robert Rene Alberts terkesan.

"Rene terakhir bertanding tanggal 20 Maret, jadi itu dua bulan lalu, dia terlihat fit dan adaptasi dengan situasi di sini," kata Robert Alberts seusai memimpin latihan.

"Dia punya skill bola yang bagus, saya pikir dia cocok, di medical check up dia bagus," ungkapnya.