Liga Indonesia

Hati-hati Simon McMenemy! 3 Kelemahan Marc Klok Harus Dibenahi Timnas Indonesia

Kamis, 23 Mei 2019 16:56 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Akbar/celebesmedia.id
Pemain PSM Makassar, Marc Klok dipanggil Timnas Indonesia. Foto: Akbar/celebesmedia.id Copyright: © Akbar/celebesmedia.id
Pemain PSM Makassar, Marc Klok dipanggil Timnas Indonesia. Foto: Akbar/celebesmedia.id

INDOSPORT. COM - Marc Klok, sebagai seorang pemain sepak bola, tentu memiliki kekurangan. Bila tak dicermati dengan baik, kelemahan yang dipunyai Marc Klok bisa memberikan dampak buruk bagi Timnas Indonesia.

Ya, Marc Klok akhirnya dipanggil oleh Simon McMenemy untuk bergabung ke pemusatan latihan Timnas Indonesia. Ini menjadi kali pertama bagi Klok sejak dirinya berniat menjalani naturalisasi jadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Sosok Klok masuk ke dalam 26 nama pemain Timnas Indonesia yang dipersiapkan untuk menjalani FIFA Matchday kontra Yordania (away) pada 11 Juni 2019, dan empat hari berikutnya menjamu Vanuatu. Namun, Klok dipastikan tidak akan turun berlaga, sebab hingga kini status kewarganegaraannya belum resmi menjadi WNI.

"Dia tidak akan memainkan pertandingan untuk Timnas karena belum memiliki passpor Indonesia sehingga belum menjadi pemain Timnas," jelas pelatih PSM Makassar, Darije Kalezic.

Meski begitu, Klok nampaknya tinggal menunggu waktu saja agar mendapatkan caps pertamanya di Timnas Indonesia. Proses naturalisasi Klok kini diketahui terus berjalan dan sudah mendekati kata rampung.

Menyambut Klok yang akan segera bergabung, Simon McMenemy sebagai pelatih Timnas Indonesia, nampaknya harus mulai mencermati kelemahan pemain kelahiran Belanda itu. Jika tidak ditangani secara maksimal, kelemahan Klok berpotensi bawa berdampak buruk bagi Timnas Indonesia.

Jam Terbang Internasional

Marc Klok memang punya jam terbang di level Eropa. Ia pernah membela sejumlah klub seperti, FC Utrecht (Belanda), Ross County (Skotlandia), Oldham Athletic (Inggris, dan Dundee FC (Skotlandia).

Namun, kalau berbicara level internasional, Klok terbilang minim jam terbang. Bahkan, menurut catatan Transfermarkt, Klok sama sekali belum pernah memperkuat sebuah tim nasional.

Hal ini tentu harus dicermati Simon McMenemy sebagai pelatih Timnas Indonesia. McMenemy harus bisa mengasah mental Klok agar siap bertarung di kancah internasional.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%