In-depth

Dicoret dari Timnas Indonesia U-16, Sebuah Keberuntungan Bagi Tristan Alif?

Kamis, 23 Mei 2019 11:26 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Arum Kusuma Dewi
© tristan_alif28.id
Tristan Alif Naufal saat mengikuti seleksi Timnas Indonesia U-16. Copyright: © tristan_alif28.id
Tristan Alif Naufal saat mengikuti seleksi Timnas Indonesia U-16.

INDOSPORT. COM - Tristan Alif jelas bisa terkena dampak atas pencoretan dirinya dari Timnas Indonesia U-16. Namun, dampak seperti apa yang diterima Tristan Alif? Apakah untung besar?

Ya, Bima Sakti, pelatih Timnas Indonesia U-16 telah mendepak Tristan Alif dari skuatnya. Bima Sakti mencoret Tristan Alif bersama 12 orang pemain lainnya.

"Dari 41 pemain yang mengikuti proses seleksi dan pemusatan latihan, saya memulangkan 13 pemain. Saya memantau perkembangan mereka setiap hari, terlebih saat mereka melakukan latih tanding di internal game hari Jumat kemarin,” kata Bima.

Demi menerka pertanyaan untung dan rugi yang mendera Tristan Alif atas pencoretan itu, penjabaran akan dibagi ke dalam dua sisi, yakni segi keuntungan dan juga segi kerugian. Mari mulai terlebih dahulu dari keuntungan yang mungkin didapat Tristan Alif.

Keuntungan bagi Tristan Alif, berkaitan dengan kiprahnya di level klub. Walau dicoret dari Timnas Indonesia U-16, Tristan Alif tetap diminati oleh banyak klub.

Ya, sebelum mengikuti proses seleksi dengan Timnas Indonesia U-16, Tristan Alif diketahui sudah mendapatkan tawaran dari klub sepak bola Eropa. Tawaran tersebut pun tetap berlaku hingga kini, dan Tristan Alif akan berangkat menuju Eropa mulai Juni atau Agustus mendatang.

"Sebenarnya sempat berpikir seperti itu (Undanganya telah gugur) karena undangannya untuk 20 Mei kemarin. Tapi setelah bekomunikasi kita sudah bicarakan tanggal keberangkatan Tristan antara Juni atau Agustus," jelas ibunda Tristan Alif, Irma Lansano.

Lebih membanggakan lagi, kabarnya klub yang memberikan tawaran kepada Tristan Alif merupakan tim dari liga utama di Eropa. Namun, identitas klub yang dimaksudkan sampai sekarang belum mau dibongkar oleh ibunda Tristan Alif.

"Untuk klubnya maaf belum bisa kami share, yang pasti klub Liga Utama di Eropa," ucap Irma.

Soal keuntungannya, kurang lebih seperti itu. Tristan Alif bisa lebih fokus untuk mengembangkan kemampuan sepak bolanya di level Eropa sana.

Lalu, bagaimana dengan kerugian untuk Tristan Alif pasca dicoret dari Timnas Indonesia U-16?

Tristan Alif namanya sudah tenar sejak dirinya masih kanak-kanak. Kemampuan individunya bahkan sempat mendapat pujian dari pelatih dunia sekelas Pep Guardiola.

Publik Indonesia tentu penasaran dengan aksi Tristan Alif bila berlaga di atas lapangan. Tristan Alif dengan segala reputasi besarnya diharapkan bisa membawa prestasi manis bagi Timnas Indonesia.

Namun, rasa penasaran publik dipastikan tak akan terjawab segera. Tristan Alif belum bisa tampil untuk membuktikan kualitas dirinya, lantaran dicoret dari Timnas Indonesia U-16.

Meski demikian, Tristan Alif sejatinya masih punya banyak waktu untuk membuktikan diri. Jika bisa mengembangkan bakat dan kariernya di Eropa secara maksimal, panggilan dan masuk skuat Timnas Indonesia ibarat jaminan pasti.

Melihat segala penjabaran di atas, mana sisi yang lebih dominan, Tristan Alif merugi atau malah untung besar setelah dicoret Timnas Indonesia U-16?

Terlepas untung atau rugi, satu hal yang pasti, Tristan Alif harus tetap bisa mengembangkan kariernya dan membawa kesuksesan bagi Timnas Indonesia suatu saat nanti.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga 1 dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT