Bola Internasional

Harga Skuat 1.100 Kali Lebih Kecil, Juventus Tidak Lebih Baik dari Tim Kurcaci Eropa Ini

Kamis, 23 Mei 2019 09:48 WIB
Penulis: Fuad Noor Rahardyan | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© ISABELLA BONOTTO / GettyImages
Juventus ternyata bukanlah klub sepak bola Eropa yang paling sering meraih gelar juara liga domestik berturut-turut. Copyright: © ISABELLA BONOTTO / GettyImages
Juventus ternyata bukanlah klub sepak bola Eropa yang paling sering meraih gelar juara liga domestik berturut-turut.

INDOSPORT.COM – Torehan Juventus yang menjuarai Serie A Italia delapan kali berturut-turut masih belum lebih baik dari tim kurcaci asal Gibraltar, Lincoln Red Imps FC. Lincoln memiliki rekor 14 kali juara beruntun di kompetisi Liga Primer Gibraltar sejak 2002/03 hingga 2015/16.

Kemenangan dalam hal juara beruntun tersebut bermakna bahwa Lincoln lebih menjadi ‘raja di negeri sendiri’ ketimbang Juventus. Dilansir dari situs UEFA, rekor Lincoln sendiri merupakan yang terbaik di kawasan Eropa.

Kedua tim sepak bola memiliki kesamaan yakni meraih gelar terbanyak di liga domestik masing-masing. Lincoln yang juga menjuarai musim 2018/19 ini telah merengkuh 24 trofi Liga Primer Gibraltar sejak memulai kiprahnya pada musim 1984/85. Lincoln hingga saat ini telah mengemas 12 penampilan di babak kualifikasi Liga Champions.

Sedangkan, Juventus menjadi raksasa di Italia dengan 35 gelar Serie A sejak pertama kali meraihnya pada 1905. Keganasan SI Nyonya Tua sejak memasuki musim 2000-an ini tak perlu dipertanyakan lagi.

Dilansir dari situs Transfermarkt, harga total skuat Lincoln sendiri hanyalah 630 ribu poundsterling (sekitar Rp11,5 miliar). Total harga itu lebih kecil 1.177 kali lipat dari Juventus yang memiliki total harga skuat 704,25 juta poundsterling (setara Rp12,9 triliun).

Pemain sepak bola  termahal Lincoln ialah Hector Figueroa dan Marcos Perez asal Spanyol. Keduanya dibanderol sebesar 180 ribu poundsterling (sekitar Rp3,3 miliar). Harga tersebut bukan apa-apa di depan Cristiano Ronaldo dan Paulo Dybala yang memiliki nilai harga 90 juta poundsterling (Rp1,65 triliun).

Selain Lincoln, klub Eropa yang pernah menjuarai liga domestik 14 kali beruntun ialah Skonto Riga (Latvia). Skonto meraihnya dalam rentang waktu 1991-2004. Namun, klub ini dibubarkan pada Desember 2016 menyusul bangkrut akibat krisis finansial.

Ikuti Update Berita Sepak Bola Internasional Lainnya di INDOSPORT.COM