Nasib Mirip Indonesia di Piala Sudirman dengan Juventus di Liga Champions

Selasa, 21 Mei 2019 15:28 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Repro/Wisnu /Sejarah Bulutangkis Indonesia (PBSI, 2004)/Juventus.com/Eli Suhaeli
Juventus juara Liga Champions 1995/96 dan Tim Indonesia menjadi juara dalam ajang perdana Piala Sudirman setelah mengalahkan Korea Selatan pada babak final, yang diselenggarakan di Istora Senayan, Jakarta, 29 Mei 1989. Copyright: © Repro/Wisnu /Sejarah Bulutangkis Indonesia (PBSI, 2004)/Juventus.com/Eli Suhaeli
Juventus juara Liga Champions 1995/96 dan Tim Indonesia menjadi juara dalam ajang perdana Piala Sudirman setelah mengalahkan Korea Selatan pada babak final, yang diselenggarakan di Istora Senayan, Jakarta, 29 Mei 1989.

INDOSPORT.COM – Tim bulutangkis beregu Indonesia memulai kiprah di Piala Sudirman 2019 dengan kemenangan 4-1 atas Inggris, Senin (20/05/19), dalam pertandingan babak grup B.

Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo dan kawan-kawan tahun ini bertekad merebut gelar juara turnamen dwi tahunan tersebut setelah terakhir 1989, saat pertama kali dihelat di Istora Senayan, Jakarta.

Berbicara soal prestasi, Indonesia baru sekali meraih juara dalam 15 edisi Piala Sudirman. China menjadi penguasa dengan 10 gelar, sementara Korea Selatan 4 gelar.

Indonesia lebih sering menduduki posisi runner up. Tercatat sudah 6 kali Indonesia berada di posisi kedua, terbanyak di antara negara yang lain.

Melihat kenyataan tersebut, Indonesia rupanya punya nasib yang sama dengan klub sepak bola raksasa Italia, Juventus. Hal itu berkaca pada prestasi Juventus di Liga Champions.

Juventus ternyata lebih sering meraih posisi runner up di Liga Champions ketimbang menjadi jawara. Si Nyonya Tua sudah merasakan 7 kali runner up, terbanyak di antara klub sepak bola lainnya.

Meski begitu, Juventus masih lebih baik prestasinya di Liga Champions ketimbang Indonesia di Piala Sudirman sebab mereka pernah merasakan juara 2 kali pada tahun 1985 dan 1996, sedangkan Indonesia baru sekali.

Sekadar informasi, Indonesia akan berhadapan dengan Denmark, Rabu (22/05/19), dalam pertandingan kedua grup B. Tim Merah Putih telah memastikan tiket ke perempatfinal usai Inggris secara mengejutkan menang 3-2 atas Denmark.

Ikuti Terus Update Piala Sudirman dan Berita Olahraga Lainnya di INDOSPORT.COM

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%