Mengenang Momen Tim Indonesia Terakhir Kali Juara Piala Sudirman

Selasa, 21 Mei 2019 08:13 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Historia
Indonesia terakhir juara Piala Sudirman pada tahun 1989. Copyright: © Historia
Indonesia terakhir juara Piala Sudirman pada tahun 1989.

INDOSPORT.COM – Tim beregu Indonesia akan menjalani pertandingan kedua di ajang Piala Sudirman 2019, Rabu (22/05/19), melawan Denmark.

Indonesia telah memastikan lolos ke babak perempatfinal setelah Inggris secara tidak terduga menang atas Denmark dengan skor 3-2.

Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon dan kawan-kawan kembali membuka asa meraih juara setelah terakhir dan satu-satunya diraih pada 1989 atau saat penyelenggaraan pertama Piala Sudirman.

Sudah sangat lama menanti trofi Piala Sudirman tidak pulang ke Tanah Air. Kembali ke tahun 1989 di Istora Senayan, Jakarta kala itu, Indonesia dihuni pebulutangkis-pebulutangkis kenamaan, seperti Rudy Gunawan, Eddy Hartono, Verawaty Fajrin, dan Susy Susanti.

Indonesia tampil dominan sepanjang babak grup. Tergabung di grup A, Indonesia lolos setelah membantai Korea Selatan 4-1 dan menggilas Inggris 5-0.

Tim beregu Merah Putih meraih tiket ke final setelah menekuk China dengan skor 3-2. Di final, Indonesia kembali bersua Korea Selatan.

Alih-alih menang mudah, Indonesia justru harus berjuang ekstra keras untuk menjinakkan Negeri Ginseng di laga pamungkas. Laga ini bahkan disebut nyaris membawa kekecewaan bagi penonton yang hadir di Istora Senayan.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
100%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%