Bola Internasional

Klub Ezra Walian Buka Peluang Promosi ke Eredivisie Belanda Musim Depan

Kamis, 23 Mei 2019 21:03 WIB
Penulis: Fuad Noor Rahardyan | Editor: Lanjar Wiratri
© www.bd.nl
Klub Ezra Walian, RKC Waalwijk, selangkah lagi promosi ke Eredivisie Belanda. Copyright: © www.bd.nl
Klub Ezra Walian, RKC Waalwijk, selangkah lagi promosi ke Eredivisie Belanda.

INDOSPORT.COM – RKC Waalwijk selangkah lagi promosi ke Eredivisie Belanda setelah mengandaskan Excelsior di play-off promosi ronde kedua dengan skor agregat 3-2. Klub pemain sepak bola Indonesia Ezra Walian itu akan bertarung dengan Go Ahead Eagles dalam partai perebutan satu tiket promosi pada Sabtu (25/5/19) dan Selasa (28/5/19).

Pada laga play-off ronde kedua yang digelar Rabu (22/5/19) kemarin, RKC berhasil menahan imbang Excelsior dengan skor 1-1 di leg kedua. Kemenangan tersebut bisa dikatakan dramatis mengingat RKC bermain dengan sepuluh orang sejak menit ke-70. Adapun pemain yang diusir oleh wasit adalah Stijn Spierings, yang juga mencetak gol dalam laga tersebut.

Hasil imbang 1-1 sudah cukup meloloskan RKC setelah Minggu (19/5/19) sebelumnya berhasil menang 2-1 di leg pertama. Gol Mario Bilate dan Jurien Gaari untuk RKC hanya mampu dibalas oleh satu gol Jeffry Fortes.

Kemenangan melawan Excelsior bisa dikatakan sebagai kejutan. Pasalnya, Excelsior merupakan klub Eredivisie Belanda 2018/19 yang harus puas mengakhiri musim di posisi ke-16. Posisi tersebut membuat Excelsior harus bertarung dengan tim divisi dua di babak play-off demi mempertahankan satu tempat di kasta tertinggi.

Dalam dua leg pertandingan melawan Excelsior, Ezra Walian hanya duduk di bangku cadangan. Pemain naturalisasi Timnas Indonesia berusia 21 tahun itu tidak dimainkan sama sekali oleh manajer Fred Grim.

RKC selanjutnya akan menghadapi Go Ahead Eagles yang juga berlaga di divisi dua Belanda musim 2018/19 ini. Go Ahead merupakan tim masa kecil bek naturalisasi Timnas Indonesia, Diego Michiels.

Go Ahead sendiri mengakhiri musim di peringkat kelima, atau lebih tinggi tiga peringkat dari RKC. Namun, hal tersebut diyakini tak akan menjadi halangan untuk RKC. Dalam tiga pertemuan terakhir, RKC memiliki rekor pertemuan lebih bagus yakni dua kemenangan dan satu kekalahan.

Pada pertemuan terakhir kedua tim (27/4/19), RKC menang telak 4-1 di kandang Go Ahead. Ezra juga tak bermain meski diikutsertakan di bangku cadangan.

Jika RKC berhasil lolos ke Eredivisie tahun depan, mereka bakal terbantu dengan dana segar sekitar 5 juta euro (sekitar 80,5 miliar rupiah). Dilansir dari situs Algemeen Dagblad, dana itu didapatkan dari penjualan Frenkie De Jong ke Barcelona. 

Semifinalis Liga Champions 2018/19 bersama Ajax Amsterdam itu merupakan jebolan akademi RKC. Dana tersebut akan digunakan untuk merombak lapangan dan belanja pemain. 

Ikuti Update Berita Sepak Bola Internasional Lainnya di INDOSPORT.COM

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%