Bola Internasional

Melongok 8 Stadion Megah di Qatar Jelang Piala Dunia 2022

Kamis, 23 Mei 2019 18:54 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Lanjar Wiratri
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Qatar akan menjadi tuanrumah gelaran Piala Dunia 2022 mendatang. Bagi yang tak sabar untuk menantikan Piala Dunia 2022 telebih dahulu mari kita melihat bagaimana megahnya 8 stadion di Qatar, yang akan menyambut pesta sepak bola dunia tersebut.

Piala Dunia 2022 rencananya bakal dihelat pada 21 November hingga 18 Desember. 32 kontestan dari enam konfederasi siap menjadi pemenang berikutnya.

Qatar berhasil menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022 usai mendaftarkan diri sejak Januari 2009 silam. Qatar terpilih usai 22 anggota Komite Eksekutir FIFA melakukan pertemuan.

Perjumpaan dilakukan di Zurich, Swiss, 2 Desember 2010 silam. Dalam empat putaran, Qatar selalu mendapat suara di atas 10 orang.

© GRM Dailly
Piala Dunia 2022. Copyright: GRM DaillyLogo Piala Dunia 2022.

Usai ditetapkan sebagai tuan rumah, Qatar langsung berbenah dalam berbagai hal, seperti salah satunya adalah insfrastruktur, yakni stadion.

Mari melongok delapan stadion megah yang bakal menjadi tempat sejumlah pertandingan Piala Dunia 2022.

1. Stadion Lusail

© The Peninsula Qatar
Stadion Lusail untuk Piala Dunia 2022 Copyright: The Peninsula QatarStadion Lusail, Qatar untuk Piala Dunia 2022.

Stadion Lusail Iconic bakal menjadi tempat pembukaan dan penutupan Piala Dunia 2022 Qatar. Stadion ini memiliki kapasitas hingga 89 ribu kursi penonton dan bakal dibuka pada 2021 mendatang.

Stadion Lusail Iconic merupakan tempat termegah di Qatar lantaran bakal dibaung pula sebuah taman, pusat perbelanjaan, hingga pusat hiburan di sekitarnya.

2. Stadion Al Bayt

© iloveqatar.net
Caption Copyright: iloveqatar.netStadion Al Bayt, salah satu tempat pertandingan Piala Dunia 2022 Qatar.

Kemudian ada Stadion Al Bayt yang juga menjadi tempat untuk menggelar laga semifinal Piala Dunia 2022. Stadion Al Bayt memiliki kapasitas 60 ribu kursi dan akan dibuka pada 2019 ini.

Desain atap Stadion Al Bayt menyerupai tenda pada umumnya. Namun tempat tersebut bakal memanjakan para pengunjung dengan arsitektur yang begitu megah.

3. Stadion Ahmed bin Ali

© Doha News
Desain Stadion Ahmed bin Ali untuk Piala Dunia 2022 Qatar. Copyright: Doha NewsDesain Stadion Ahmed bin Ali untuk Piala Dunia 2022 Qatar.

Lalu Stadion Ahmed bin Ali juga bakal dipakai untuk pertandingan babak perempatfinal Piala Dunia 2022 di Qatar. Untuk saat ini statusnya masih didirikan.

Desain Stadion Ahmed bin Ali begitu unik, di mana bakal dimasukan simbol-simbol budaya Qatar yang spektakuler dan bergelombang dengan bahan ramah lingkungan.

4. Stadion Al Thumama

© Supreme Committee
Stadion Al Thumama Copyright: Supreme CommitteeStadion Al Thumama, venue pertandingan Piala Dunia 2022.

Venue megah lainnya ialah Stadion Al Thumama. Tempat ini bakal menampung kurang lebih 40 ribu penonton dan bakal dipakai untuk laga perempatfinal Piala Dunia 2022.

Desain Stadion Al Thumama melambangkan Gahfiya, yang merupakan topi tenun tradisional yang dipakai oleh laki-laki di seluruh dunia Arab dan sekitarnya.

5. Stadion Al Wakrah

© twitter.com/WomenintheWorld
Stadion Al Wakrah Copyright: twitter.com/WomenintheWorldTempat laga Piala Dunia 2022, Stadion Al Wakrah, Qatar.

Selanjutnya ada Stadion Al Wakrah yang menjadi tempat untuk menggelar pertandingan perempatfinal Piala Dunia 2022 dengan kapasitas hingga 45 ribu kursi.

Stadion Al Wakrah telah dibuka untuk umum pada 16 Mei 2019 lalu. Venue ini didirikan dekat pantai yang membuat pengunjung akan betah.

6. Stadion Internasional Khalifa

© StadiumDB
Stadion Internasional Khalifa, Qatar, untuk Piala Dunia 2022. Copyright: StadiumDBStadion Internasional Khalifa, Qatar, untuk Piala Dunia 2022.

Berikutnya ada Stadion Internasional Khalifa yang memiliki kapasitas penonton hingga 50 ribu tempat duduk dan berdiri di kompleks olahraga Doha.

Stadion ini telah dibuka pada 1976 silam. Lalu mengalami renovasi pada 2005 dan kapasitasnya diperbesar untuk Asian Games 2006.

7. Stadion Qatar Foundation

© Football Wiki
Stadion Qatar Foundation, Qatar untuk Piala Dunia 2022. Copyright: Football WikiStadion Qatar Foundation, Qatar untuk Piala Dunia 2022.

Stadion Qatar Foundation bakal menjadi tempat pertandingan Piala Dunia 2022 pada babak perempatfinal. Stadion megah ini berisi 40 ribu kursi.

Stadion Qatar Foundation rencananya akan dibuka pada 2019 ini. Desain Stadion Qatar Foundation dirancang begitu apik seperti sebuah berlian di sekitar padang pasir.

8. Stadion Ras Abu Aboud

© Getty Images
Stadion Ras Abu Aboud Copyright: Getty ImagesStadion Ras Abu Aboud, Qatar, venue Piala Dunia 2022.

Terakhir ada Stadion Ras Abu Aboud, Doha, yang juga akan menjadi salah satu tempat pertandingan Piala Dunia 2022 mendatang di Qatar.

Stadion Ras Abu Aboud terletak di tepi teluk Doha yang begitu mempesona. Venue Piala Dunia 2022 ini rencananya berkapasitas sekitar 40 ribu penonton.

Terus Ikuti Update Piala Dunia 2022 dan Berita Sepak Bola Internasional Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM.

1