Liga Indonesia

6 Klub Sepak Bola dari Timur yang Identik dengan Jersey Garis Hitam

Sabtu, 25 Mei 2019 12:22 WIB
Penulis: Alvin Syaptia Pratama | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© INDOSPORT
Klub-klub asal Papua yang berkiprah di berbagai kasta kompetisi Liga Indonesia. Copyright: © INDOSPORT
Klub-klub asal Papua yang berkiprah di berbagai kasta kompetisi Liga Indonesia.

INDOSPORT.COM – Indonesia Timur memang menyimpan potensi tersendiri terhadap dunia sepak bola. Sudah banyak nama pemain Timnas yang berasal dari Tanah Papua menjadi bagian penting skuat Garuda. Nama seperti Boaz Solossa, Osvaldo Haay dan Todd Ferre menjadi contoh pemain dengan bakat luar biasa.

Selain terkenal dengan para pemain hebatnya, mereka juga sempat terkenal karena beberapa tim mampu tampil di kasta tertinggi sepak bola Indonesia setiap tahunnya. Klub seperti Persipura Jayapura, Perseman Manokwari, Persidafon Dafonsoro, Perseru Serui, Persiram Raja Ampat, dan Persiwa Wamena pernah menjadi tim yang ditakuti.

Namun, kini klub-klub tersebut bak ditelan bumi karena minimnya pendanaan membuat mereka lama-lama makin menghilang satu per satu. Setelah musim lalu ada dua wakil Papua di Liga 1 2018, kini tinggal menyisakan nama Persipura di kasta tertinggi sepak bola Indonesia.

Walaupun beberapa tim tersebut nasibnya kini tak jelas, mereka menyimpan satu kekompakan yang unik dan khas. Klub-klub asal pulau yang dulu bernama Irian Jaya tersebut memiliki garis warna hitam di setiap jersey home mereka.

Tanpa mengurangi rasa hormat terhadap para saudara kita di Papua, mereka mayoritas memang berkulit gelap dan warna tersebut menjadi identitas di setiap jersey klub-klub tersebut. Berikut enam klub yang memiliki jersey home bergaris hitam:

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
100%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%