Jelang PON 2020, Papua Akan Bangun Venue Sepatu Roda Bertaraf Internasional

Jumat, 24 Mei 2019 00:17 WIB
Penulis: Sudjarwo | Editor: Abdurrahman Ranala
© INDOSPORT / Sudjarwo
Ketua PB Perserosi Klemen Tinal bersama Kadispora Papua, Daud Ngabalin dan Technical Delegate Sepatu Roda, Jefri Abel. INDOSPORT / Sudjarwo Copyright: © INDOSPORT / Sudjarwo
Ketua PB Perserosi Klemen Tinal bersama Kadispora Papua, Daud Ngabalin dan Technical Delegate Sepatu Roda, Jefri Abel. INDOSPORT / Sudjarwo

INDOSPORT.COM - Provinsi Papua akan memiliki venue sepatu roda bertaraf internasional yang akan digunakan pada perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2020 mendatang. Venue tersebut siap dibangun tahun 2019 ini di Distrik Muaratami, Kota Jayapura.  

Technical Delegate (TD) cabang olahraga (cabor) PB Sepatu Roda, Jefri Abel mengatakan, sesuai dengan perintah ketua umum sepatu roda, Klemen Tinal, venue tersebut dibangun bertaraf internasional, karena kedepannya Papua diharapkan menjadi tuan rumah kejuaraan internasional sepatu roda.

"Lahan yang dibutuhkan untuk membangun venue sepatu roda seluas 4 hektar, dan lahan tersebut milik Brimob Papua. Ya, lokasi venue sepatu roda yang dibangun di tanah milik Brimob Papua, dilokasi itu sudah dibangun venue voli pasir dan voli indoor," kata Jefri dalam rilisnya, Kamis (23/5/19).

Menurut dia, akses dari kota Jayapura ke lokasi venue juga sangat dekat dan dari sisi keamanan juga dinilai sangat terjamin.

Selain itu, pemerintah juga akan membangun rumah susun didaerah itu, sehingga rusun tersebut bisa ditempati oleh atlet sehingga akses ke venue semakin dekat. 

"Venue sepatu roda ini kan masuk dalam Inpres PON, sehingga harus dibangun berstandar internasional, dan venue sepatu roda tersebut akan digunakan untuk melakukan pembinaan bibit atlet-atlet sepatu roda Papua kedepan," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda, Daud Ngabalin mengatakan, venue sepatu roda sesuai dengan usulan pemerintah Provinsi Papua masuk dalam Inpres PON yang dianggarkan di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Republik Indonesia.

"Berdasarkan hasil servei lokasi sudah memenuhi syarat dari TD cabor sepatu roda bersama tim teknis dari dinas olahraga," ujar Daud.

Ia menambahkan, dalam pelaksanaan PON nanti, cabor Sepatu Roda juga ada penambahan dua nomor pertandingan, yakni nomor skateboard dan freestyle. 

"Harapan kami dengan dibangunan venue dengan fasilitas yang baik ini, cabor sepatu roda dapat menyumbang medali emas bagi kontingen Papua pada PON XX tahun 2020 mendatang," tandasnya. 

Ikuti Terus Berita PON 2020 dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM