Liga Indonesia

Artur Gevorkyan dan Para Pemain Asing Liga 1 yang Punya Dua Kewarganegaraan

Minggu, 26 Mei 2019 16:37 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Isman Fadil
© Arif Rahman/INDOSPORT
Artur Gevorkyan akan mengambil di laga Persib vs Persipura di Liga 1. Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Artur Gevorkyan akan mengambil di laga Persib vs Persipura di Liga 1.

INDOPSORT.COM - Termasuk Arthur Gevorkyan, berikut para pemain asing Liga 1 musim 2019 yang mempunyai dua kewarganegaraan dalam paspornya.

Nama Artur Gevorkyan sendiri memang menjadi buah bibir bagi para bobotoh (pendukung Persib Bandung), terlebih saat penampilan impresifnya di pekan pertama yang mampu mencetak brace kontra Persipura Jayapura.

Berkat capaian tersebut, Artur Gevorkyan mendapat kesempatan untuk kembali memperkuat Timnas Turkmenistan dalam beberapa laga uji coba Internasional.

Walaupun telah berseragam Timnas dan lahir di Turkmenistan, namun ternyata pemain berusia 34 tahun ini memiliki kewarganegaan lain dalam paspor yang ia miliki.

Melansir dari laman transfermarkt.com, diketahui jika Artur Gevorkyan mempunyai kewarganegaraan Armenia yang kemungkinan berasal dari kedua orang tuanya.

Turkmenistan dan Armenia sendiri sempat berada dalam satu wilayah bernama Uni Soviet, sehingga sangat wajar jika kedua orang tua Artur Gevorkyan berasal dari luar Turkmenistan.

Selain Artur Gevorkyan, banyak para pemain asing Liga 1 musim ini yang memiliki lebih dari satu kewarganegaraan. Status dua kewarganegaraan tersebut kemungkinan didapat dari tanah kelahiran sang pemain.

Atau salah satu orang tua kandung sang pemain yang lahir di negara tertentu, kakek atau nenek kandung pemain lahir di negara tertentu dan pemain yang telah menetap selama 2 tahun berturut-turut di sebuah negara.

Berikut INDOSPORT.COM coba merangkum deretan pemain asing di Shopee Liga 1 musim 2019, yang punya dua kewarganegaraan.

1. Flávio Beck Junior (Bhayangkara FC)

Pemain bertahan The Guardian ini lahir dan besar di Brasil, namun pada tahun 2013 ia memilih menjadi warga negara kroasia.

2. Manuchekhr Dzhalilov, Amido Baldé, dan Damián Lizio (Persebaya Surabaya)

Selain lahir dan memperkuat Timnas Tajikistan, Manuchekhr Dzhalilov tercatat memiliki paspor Russia yang mungkin didapat dari kedua orang tuanya.

Serupa dengan Dzhalilov, penyerang anyar Persebaya yakni Amido Baldé juga memiliki dua kewarganegaraan, lahir di Guinea-Bissau namun dirinya pernah membela Timnas Portugal U-20 sebelum memutuskan untuk perkuat Timnas tanah kelahirannya.

Tiga pemain asing Persebaya musim ini tampaknya memiliki kisah yang sama, Damián Lizio pun ternyata punya dua paspor berbeda yakni Argentina sebagai tanah kelahirannya serta Bolivia yang bahkan pernah ia perkuat.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%