Liga Spanyol

Gagal Juarai Copa del Rey, Ernesto Valverde Dibela Presiden Barcelona

Minggu, 26 Mei 2019 13:12 WIB
Penulis: Rialdi | Editor: Isman Fadil
© as
Valverde, sang pelatih klub raksasa Catalan Copyright: © as
Valverde, sang pelatih klub raksasa Catalan

INDOSPORT.COM - Pelatih Barcelona, Ernesto Valverde, gagal mempersembahkan gelar juara Copa del Rey 2018/19. Meski demikian, posisi pelatih 55 tahun tersebut diprediksi tetap aman di Cam Nou. 

Barcelona gagal meraih gelar Copa del Rey usai menelan kekalahan 1-2 dari Valencia pada laga final di Stadion Benito Villamarin, Minggu (26/05/19) dini hari WIB. Bahkan, skuat El Che unggul dua gol lebih dulu lewat Kevin Gameiro Gamiero dan Rodrigo di babak pertama.

Namun, dua gol Valencia hanya mampu dibalas sekali oleh Barcelona lewat Lionel Messi. Alhasil, sang juara bertahan harus merelakan trofi yang telah mereka menangkan dalam empat musim terakhir.

Kegagalan ini membuat posisi Ernesto Valverde sebagai pelatih Barcelona mulai disudutkan. Sebab, sebelum gagal menjuarai Copa del Rey, Barcelona juga tersingkir dari semifinal Liga Champions 2018/2019. Prestasi satu-satunya Barca musim ini hanyalah gelar LaLiga.

Namun, Ernesto Valverde tampaknya tidak perlu panik karena tetap mendapat dukungan penuh dari presiden Barcelona, Josep Maria Bartomeu. Mantan pelatih Athletic Bibao ini diprediksi akan tetap aman dan kembali mengasuh raksasa Catalan pada musim depan.

"Kami sudah memikirkan tentang musim depan untuk beberapa saat ini, tetapi ini bukan saat yang tepat untuk menjelaskan apa yang akan terjadi. Kami memenangi gelar La Liga, jadi ini adalah musim yang krusial bagi kami. Valverde masih terikat kontrak dan dia adalah pelatih kami," kata Bartomeu, dikutip dari Sportskeeda.

"Kekalahan ini bukan kesalahan dari pelatih. Kami sebenarnya memiliki banyak peluang namun bolanya enggan masuk ke gawang. Saya tidak akan menganggap musim ini sebagai kegagalan. Ini musim yang sangat bagus meski tak luar biasa. Kami kalah di sejumlah pertandingan, di sini dan di Anfield, yang membuat kami kehilangan dua gelar," tutup pria 56 tahun tersebut.

Ernesto Velverde memang masih memiliki kontrak bersama Barcelona, yakni sampai Juni 2020. Selama berada di Camp Nou, pelatih asli Spanyol itu telah menyumbangkan dua trofi La Liga dan satu Copa del Rey.