Liga Indonesia

Main di Liga Spanyol, Pemain Muda Indonesia Cerita soal Beratnya Puasa di Eropa

Minggu, 26 Mei 2019 15:00 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Lanjar Wiratri
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Pesepak bola muda Indonesia, Aditya Affasha Riawan, membagikan ceritanya soal menjalani ibadah puasa di Spanyol, negara tempatnya menimba ilmu. Pemain kelahiran Jakarta itu mengatakan cukup berat berpuasa di Negeri Matador apalagi telah memasuki musim panas.

Aditya menjelaskan puasanya berjalan lancar, namun dengan durasi yang lebih panjang dibanding di Indonesia. Di Spanyol, umat muslim bisa mencapai 16 jam, sebab masa buka puasa baru dilakukan sekitar pukul 22:00 waktu setempat.

"Alhamdulillah lancar sih. Tapi sekarang sudah mau balik ke Indonesia. Di sana (Spanyol) buka puasanya jam 10 malem dan lagi mau musim summer juga jadi puasa nya berat sih menurut saya kalo di Spanyol," ujar Aditya Affasha kepada INDOSPORT.

Selama menjalani ibadah puasa di Spanyol, Aditya mengaku kangen dengan suasana berbuka maupun sahur ala Indonesia. Jika di Tanah Air ia bisa menikmati berbagai sajian, maka di Spanyol ia hanya mengonsumsi susu, sereal dan makanan ringan lainnya.

"Wah kalau yang bikin kangen sih pastinya momen-momen saat buka dan sahur sih. Soalnya biasa sama keluarga, dan sudah di sediain makanan kan, tapi kalau di Spanyol ya saya hanya sahur pake sereal, susu, atau biskuit saja sih," tuturnya.

Musim ini Aditya bermain di Division de Honor Juvenil atau Liga U-19 Spanyol atau dan membela CIA Palencia. Sayangnya, tim tersebut harus terdegradasi sebab mengakhir kompetisi di posisi tiga terbawah atau 17 dari 20 tim yang berkompetisi.