Liga Champions

Main di Liga Champions Musim Depan, Nasib Atalanta Bisa Seperti PSM Makassar

Senin, 27 Mei 2019 14:20 WIB
Editor: Juni Adi
© Alex Caparros/Getty Images
Para pemain Atalanta melakukan selebrasi karena lolos ke Liga Champions musim 2019/20. Copyright: © Alex Caparros/Getty Images
Para pemain Atalanta melakukan selebrasi karena lolos ke Liga Champions musim 2019/20.

INDOSPORT.COM - Sebuah kejutan terjadi musim ini di kompetisi kasta tertinggi sepak bola Italia, Serie A setelah salah satu pesertanya, Atalanta berhasil lolos ke Liga Champions musim 2019/20 nanti.

Kepastian tersebut didapat setelah Atalanta berhasil meraih kemenangan di laga terakhir Serie A, melawan Sassuolo pada Senin (27/05/19) dini hari tadi.

Bermain di Stadion Mapei, Atalanta menang dengan skor 3-1. Tuan rumah sempat tertinggal lebih dahulu melalui gol Domenico Berardi di menit ke-19.

La Dea -julukan Atalanta- berhasil menyamakan kedudukan melalui Duvan Zapata menit ke-35. Skor 1-1 bertahan hingga turun minum. Di babak kedua, Sassuolo harus bermain dengan 10 orang karena Berardi mendapat kartu merah. 

Unggul jumlah pemain berhasil dimanfaatkan oleh Atalanta. Mereka mencetak dua gol tambahan melalui Alejandro Dario Gomez menit ke-53 dan Mario Pasalic menit ke-65, dan mengakhiri laga dengan keunggulan skor 3-1.

Hasil itu membuat Atalanta merangsek ke posisi 3 besar, dengan koleksi 69 poin. Mereka sukses menggeser Inter Milan ke posisi 4 meski memperoleh poin sama, hanya saja Inter kalah selisih gol.

Bagi Atalanta, ini merupakan pencapaian yang luar biasa karena untuk pertama kalinya dalam sejarah klub, mereka bisa bermain di kompetisi antar klub elite Eropa.

Namun sayang, sejarah itu terasa kurang lengkap lantaran Atalanta tidak bisa bermain di depan publiknya sendiri, saat tampil di Liga Champions nanti. Sebab, markas mereka Stadio Atleti Azzurri d’Italia di Bergamo tengah mengalami renovasi.

© SkyscraperCity
Potret Stadio di Bergamo Atleti Azzurri Italia. Copyright: SkyscraperCityStadion milik Atalanta, Atleti Azzurri d'Italia.

Proyek renovasi tersebut akan merombak total bangunan Azzurri d'Italia, dengan menghabiskan dana mencapai 40 juta euro atau sekitar Rp644 miliar.

Pemugaran sendiri sudah mulai dikerjakan pada awal Mei 2019 ini, dan ditargetkan akan rampung di musim 2021/22 mendatang dengan nama baru Gewiss Arena.

Sebagai gantinya, Atalanta akan menumpang di markas Sassuolo, Stadion Mapei untuk menjalani pertandingan musim selanjutnya di Serie A dan Liga Champions sampai proyek tersebut rampung.

Nasib yang dialami Atalanta tentunya mengingatkan kita dengan salah satu klub papan atas Liga 1, PSM Makassar. Tim berjuluk Juku Eja itu juga harus mengungsi ke stadion lain saat melakoni pertandingan di level Asia.

PSM menyewa Stadion Pakansari, Bogor, untuk menjalani pertandingan Piala AFC 2019 ini. Hanya saja bedanya, jika Atalanta pindah karena stadionnya direnovasi, PSM pindah karena markas mereka Stadion Andi Mattalatta tidak lolos kelayakan oleh AFC.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%