Liga Indonesia

Sambut Piala Dunia, PSSI Segera Tentukan 8 Stadion Terbaik di Indonesia

Senin, 27 Mei 2019 20:02 WIB
Penulis: Ervan Yudhi Triatmoko | Editor: Lanjar Wiratri
© INDOSPORT
Stadion Utama Gelora Bung Karno tampak atas di malam hari. Copyright: © INDOSPORT
Stadion Utama Gelora Bung Karno tampak atas di malam hari.

INDOSPORT.COM – Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) secara resmi telah mengirimkan surat ketertarikan untuk menjadi tuan rumah gelaran Piala Dunia U-20 tahun 2021 mendatang. PSSI pun bakal segera mengumumkan deretan 8 stadion terbaik di Indonesia.

Pernyataan PSSI tersebut telah dikirim sesuai batas tenggat waktu yang ditentukan FIFA, yakni Selasa tanggal 21 Mei 2019 lalu. Kini, PSSI tengah mempertimbankan venue alias stadion yang bakal digunakan untuk menggelar Piala Dunia U-20 2021.

Sekretaris Jenderal PSSI Ratu Tisha Destria meyakini Indonesia punya kapasitas untuk menggelar event sekelas Piala Dunia U-20. Pasalnya, PSSI dan juga Indonesia punya pengalaman menghelat sejumlah event internasional sebelumnya.

“Dengan pengalaman penyelenggaraan event internasional Asian Games, Piala Asia, dan Piala AFF, ditambah dengan animo masyarakat yang mendukung dan turut menyukseskan ajang tersebut, PSSI memiliki keyakinan Indonesia bisa melangkah ke level selanjutnya,” kata Ratu Tisha, dikutip dari laman resmi PSSI.

Ratu Tisha menambahkan, nantinya akan dipilih delapan stadion terbaik di Indonesia yang akan digunakan sebagai venue Piala Dunia U-20 2021.

“Kami akan segera putuskan delapan stadion terbaik. Bukan hanya standarnya yang internasional, tapi juga memiliki pengalaman event internasional dan memiliki fasilitas penunjang di sekitarnya,” imbuhnya.

Indonesia sendiri memiliki banyak stadion berkualitas yang sudah sering digunakan sebagai tuan rumah event skala internasional. Deretan stadion internasional itu antara lain Stadion Utama Gelora Bung Karno, Stadion Patriot Candrabhaga, Stadion Pakansari, Stadion Wibawa Mukti, hingga stadion-stadion yang berada di luar Pulau Jawa seperti Stadion Gelora Bumi Sriwijaya dan Stadion Batakan.

Selain Indonesia, negara-negara lain yang berminat menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021 adalah Bahrain, Arab Saudi, dan Uni Emirat Arab. Selain tiga negara tersebut, Myanmar dan Thailand juga bersama-sama mengajukan diri menjadi tuan rumah.

Sesuai regulasi bidding tuan rumah Piala Dunia U-20 2021 yang berlaku, FIFA akan mengirimkan semua dokumen penawaran ke semua federasi yang menyatakan minatnya. Batas waktu pengajuan kelengkapan dokumen adalah tanggal 30 Agustus 2019. Sedangkan pengumuman hasil bidding akan dilakukan pada kuartal keempat 2019 mendatang.

1