Liga Indonesia

5 Stadion Megah Indonesia yang Layak Gelar Piala Dunia 2021

Minggu, 26 Mei 2019 21:27 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Lanjar Wiratri
© Zainal Hasan/INDOSPORT
Stadion GBK, salah satu venue yang layak untuk gelar Piala Dunia U-20 tahun 2021 mendatang. Copyright: © Zainal Hasan/INDOSPORT
Stadion GBK, salah satu venue yang layak untuk gelar Piala Dunia U-20 tahun 2021 mendatang.

INDOSPORT.COM - Indonesia mencalonkan diri untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 pada 2021 mendatang. 5 stadion megah di Indonesia ini pun dinilai layak untuk menggelar event Piala Dunia U-20 tahun 2021 mendatang.

Sebelumnya Sekjen PSSI, Ratu Tisha, menegaskan bahwa Indonesia telah resmi mengajukan diri sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 tahun 2021.

Bahkan Tisha memastikan bahwa Indonesia sudah mengirim surat bahwa tertarik menjadi tuan rumah perhelatan tersebut..

"Kemarin adalah letter of interest. Kami submission untuk interest letter terlebih dahulu," ucap Tisha.

Tisha memang mengatakan target besar Indonesia adalah Olkmpiade 2024. Namun menjelang target besar tersebut, alumni ITB ini menilai jika perhelatan Piala Dunia U-20 tahun 2021 menjadi salah satu rencana awal PSSI.

Terlebih bagi Tisha, Indonesia memiliki sumber daya yang memadai untuk menjadi tuan rumah. Untuk itu dia percaya diri PSSI mengajukan diri sebagai tuan rumah.

Indonesia memang memiliki peluang besar untuk menjadi tuan rumah turnamen sepak bola terbesar kategori umur dibawah 20 tahun tersebut, selain kefanatikan para masyarakat yang akan memberi keuntungan finansial, beberapa venue atau stadion di Tanah Air juga telah memenuhi standar FIFA untuk melakukan pertandingan internasional.

Berikut INDOSPORT.COM coba mengulas 5 stadion di Indonesia yang layak untuk menggelar Piala Dunia U-21 tahun 2021 mendatang.

1. Pakansari
Stadion pertama adalah Pakansari yang terletak di kawasan Cibinong, Bogor, Jawa Barat. Stadion berkapasitas 30.000 penonton ini memang telah lama dipercaya untuk menggelar beberapa event sepak bola internasional.

Markas PSM Makassar di ajang Piala AFC 2109 ini pernah menjadi venue untuk perhelatan AFF tahun 2016, Asian Games tahun 2018, dan AFC U-19 tahun 2018.

Dengan sering digelarnya pertandingan internasional di venue ini, sangat layak jika laga Piala Dunia U-20 2021 nanti berlangsung di stadion Pakansari.

2. Batakan
Berikutnya adalah stadion Batakan yang terletak di Kalimantan Timur. Stadion yang juga menjadi markas klub Persiba ini memang memiliki daya tarik tersendiri, yakni tanpa adanya trek lari yang umum ada di stadion-stadion Indonesia.

Stadion yang memiliki nama lengkap BISA (Balikpapan International Stadium Arena) ini mempunyai kapasitas 40,000 penonton, sehingga cukup megah untuk melakukan pertandingan internasional.

3. Papua Bangkit
Meski belum diresmikan, namun stadion yang mulai dibangun sejak akhir tahun 2016 ini rencananya akan segera diresmikan pada April mendatang dan bakal digunakan untuk event PON 2020.

Dengan dapat menampung sebanyak 40 ribu penonton, dilengkapi dengan lintasan atletik, kursi tribun single seat, lampu LED dan papan skor elektronik, stadion ini menjadi yang termegah di Papua.

IDS Emoticon Suka
Suka
50%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
50%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%