Liga Europa

UEFA Larang Pemain Arsenal Pakai Kaos ‘Mkhitaryan’ di Final Liga Europa

Senin, 27 Mei 2019 19:35 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
© Getty Images
Henrikh Mkhitaryan, gelandang serang Arsenal. Copyright: © Getty Images
Henrikh Mkhitaryan, gelandang serang Arsenal.

INDOSPORT.COM – UEFA resmi melarang Arsenal memperlihatkan dukungan kepada Henrikh Mkhitaryan yang tidak ikut ambil bagian di final Liga Europa 2018/19 melawan Chelsea di Stadion Baku, Azerbaijan, Rabu (29/05/19) dini hari WIB.

Menurut kanal berita olahraga Sun Sports, UEFA sama sekali tidak mengijinkan seluruh pemain Arsenal menggunakan jersey bertuliskan ‘Mkhitaryan’ di bagian punggung.

Munculnya aturan ketat soal pemakaian jersey khusus para pemain yang dipakai selama atau sesudah pertandingan membuat rencana Arsenal batal terlaksana. Jersey ‘Mkhitaryan’ tadinya akan dipakai dalam sesi pemanasan menjelang kick-off  final Liga Europa melawan Chelsea.

Aksi ini dilakukan sebagai bentuk solidaritas setelah pemain berkebangsaan Armenia itu memutuskan tidak akan tampil di klimaks Liga Europa 2018/19 yang bertajuk All English Final.

Pemain berusia 30 tahun tersebut memilih tinggal rumah alih-alih bergabung dengan Mesut Ozil dkk. ke Baku lantaran mencemaskan keamanan dirinya sebagai warga negara Armenia.

Perlu diketahui, Armenia dan Azerbaijan sedang terlibat ketegangan politik karena memperebutkan wilayah Nagorno-Karabakh. Dampaknya, Azerbaijan kerap tidak mengizinkan warga Armenia masuk ke negara mereka.

Dengan kondisi politik seperti ini, para penggemar Arsenal sempat mengirimkan petisi agar final Liga Europa dipindah ke Stadion Wembley. Sayangnya, upaya itu tidak berhasil dan UEFA bersikukuh menggelar final di Baku, Azerbaijan, meski petisi telah ditandatangani sekitar 22.000 orang.