Liga Indonesia

Naik Turun dan Drama dua kiper Persib Bandung untuk Jadi yang Pertama di Bawah Mistar

Selasa, 28 Mei 2019 15:30 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Berita Persib Bandung Bobotoh Web Id
Imam Arief Fadillah, Muhammad Natshir, dan I Made Wirawan merupaka tiga kiper yang memperkuat Persib Bandung. Copyright: © Berita Persib Bandung Bobotoh Web Id
Imam Arief Fadillah, Muhammad Natshir, dan I Made Wirawan merupaka tiga kiper yang memperkuat Persib Bandung.

INDOSPORT.COM - Berikut sejumlah drama naik dan turun dua kiper Persib Bandung untuk jadi yang pertama di bawah mistar gawang.

Persib Bandung sendiri memang tengah dilema khususnya di sektor penjaga gawang, di mana pada pekan pertama kemarin Muhammad Natshir yang menjadi starter mendapat sejumlah kritkan dari para Bobotoh (pendukung Persib).

Pasalnya, kiper berusia 26 tahun tersebut beberapa kali sempat membahayakan gawang timnya sendiri. Alhasil Bobotoh yang ada di Stadion berteriak agar kiper yang akrab disapa Deden itu diganti oleh I Made Wirawan.

Meski mendapat kritikan keras, namun Muhammad Natshir sendiri sempat memiliki catatan cukup manis ketika dipercaya untuk mengamankan gawang Persib di musim lalu.

Total dari 26 pertandingan yang ia lakoni di Liga 1 (kasta tertinggi bola Indonesia) musim 2018/19, kiper kelahiran Bandung ini telah mencetak 10 kali clean sheets dan hanya kebobolan 27 gol.

Sebelum menjadi kiper utama, Persib memang lebih sering mengandalkan I Made Wirawan untuk menjaga gawangnya dari kebobolan, namun sejumlah cedera yang ia derita membuat nama Muhammad Natshir merangsek naik menjadi kiper utama.

Meski cedera yang dialami I Made Wirawan perlahan telah sembuh, namun pelatih Persib saat itu tetap mempercayai Muhammad Natshir sebagai starter bahkan hingga akhir musim dan berlanjut ke musim ini.

© Ratno Prasetyo/Indosport
I Made Wirawan pada saat latihan bersama timnas senior di lapangan Sekolah Pelita Harapan, Karawaci, Tangerang. Senin (07/07/14). Copyright: Ratno Prasetyo/IndosportI Made Wirawan pada saat latihan bersama timnas senior di lapangan Sekolah Pelita Harapan, Karawaci, Tangerang. Senin (07/07/14).

I Made yang posisinya tergusur pun tampak berbesar hati, bahkan mendukung perkembangan sang junior bersama Persib Bandung.

"Sesama kiper saya tetap akan berjuang sekeras mungkin supaya bisa tampil kembali. Ini persaingan sehat dan hal wajar dalam sebuah tim. Kami sama-sama berjuang yang terbaik buat tim," ujarnya seperti dikutip situs resmi klub.

Saat Muhammad Natshir mendapat kritikan keras dari para bobotoh usai penampilan buruknya di pekan pertama, kiper berusia 38 tahun tersebut masih mendukung kompatriotnya itu.

"Kita semua saling memotivasi. Di tim ini tidak ada yang ‘apa gitu’, pokoknya kita selalu kasih support untuk bangkit lagi. Kita pasti saling mendukung, intinya itu saling mendukung," ungkap Made.

Dengan Liga yang masih berjalan sangat panjang, patut dinanti siapa yang berhasil menjadi kiper utama Persib musim ini. Apakah Deden Natshir yang sempat gemilang di Liga musim lalu masih mendapat kepercayaan, atau malah I Made Wirawan dengan segudang pengalamannya yang kembali menjadi pilihan.