Liga Italia

Klubnya Promosi ke Serie A Italia, Netizen Ingin 'Pemain Indonesia' Ini Dinaturalisasi

Selasa, 28 Mei 2019 19:40 WIB
Penulis: Ervan Yudhi Triatmoko | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© thomhaye
Pemain keturunan Indonesia yang bermain untuk Lecce, Thom Haye. Copyright: © thomhaye
Pemain keturunan Indonesia yang bermain untuk Lecce, Thom Haye.

INDOSPORT.COM – Nama Thom Haye beberapa waktu lalu menjadi sorotan pecinta sepak bola Indonesia setelah sukses membawa klubnya, Lecce, promosi ke Serie A Italia atau kompetisi kasta teratas Liga Italia.

Haye menjadi perbincangan penggemar sepak bola Tanah Air karena ternyata pemain berusia 24 tahun itu memiliki garis keturunan Indonesia. Darah Indonesia dalam diri Haye bersala dari kakeknya yang bersala dari Sulawesi Utara.

Mengetahui Haye punya darah Indonesia, warganet pun ramai-ramai menyuarakan agar pemain kelahiran Amsterdam itu dinaturalisasi. Dukungan kepada Haye agar menjadi warga negara Indonesia bisa dilihat di akun Instagram pribadi pemain jebolan Akademi AZ Alkmaar tersebut.

Dalam sebuah foto selebrasi keberhasilan Lecce meraih tiket promosi ke Serie A 2019/20, warganet dari Indonesia membanjiri kolom komentar dan memberi dukungan kepada Haye agar mau membela Timnas Indonesia.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Thom Haye (@thomhaye) on

“Cepet-cepet bela Timnas Indonesia,” tulis akun @rafikaryaraspati.27.

“Come to Indonesia national team,” tulis akun @naufalfahreza_.

“Indonesia, man” tulis akun @ardanriswa.

Haye sendiri baru musim ini bergabung dengan Lecce. Pada kompetisi Liga Serie B Italia musim 2018/19 ini, pemain berposisi sebagai gelandang itu tampil dalam 20 petandingan. Ia pun menjadi bagian kesuksesan Lecce meraih satu tiket promosi ke Serie A Italia 2019/20 setelah mengakhiri kompetisi di peringkat kedua.

Sebelumnya, Haye bermain untuk klub Willem II yang berkompetisi di Liga Eredivisie atau kompetisi kasta teratas Liga Belanda. Bersama Willem II yang ia bela selama dua musim, Haye tampil dalam 46 pertandingan dan mencetak empat gol.