Bola Internasional

Berjuang Melawan Kanker, Eks Liverpool Sempat Korbankan Indra Pendengaran

Selasa, 28 Mei 2019 11:46 WIB
Penulis: Edo Bramantio | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Goal91
Eks Liverpool, Jose Enrique, menjalani operasi tumor otak langka dan melakoni terapi untuk sembuh. Copyright: © Goal91
Eks Liverpool, Jose Enrique, menjalani operasi tumor otak langka dan melakoni terapi untuk sembuh.

INDOSPORT.COM - Eks pemain Liverpool, Jose Enrique, menceritakan kengerian menjalani perawatan kanker langka yang dideritanya, termasuk sulit mendengar selama beberapa waktu.

Pria berusia 33 tahun tersebut didiagnosis menderita kanker chordoma langka pada Mei 2018 yang lalu. Penyakit tersebut terletak di belakang mata kirinya.

Dilansir dari laman portal berita The Guardian, Enrique menceritakan pengalamannya melalui serangkaian perawatan sesudah operasi di Paris. 

Menurut pengakuan Enrique, tim medis mengikatnya kencang di tempat tidur dan memakaikannya penutup wajah. Terapi proton di ibu kota Prancis tersebut pun dilakukan, Enrique sempat kesulitan mendengar untuk sementara waktu. 

"Mesinnya besar dan saya berusaha tak melihat apa pun ketika memasuki ruangan. Terkadang memang tak terasa apa pun, tapi mereka meradiasi kepala Anda dan itu ada efek sampingnya, telinga kanan saya tak bisa mendengar selama beberapa bulan," jelas Enrique.

Meski nampaknya proses tersebut berjalan dengan menakutkan, Enrique akhirnya berhasil sembuh. Dokter sudah memberi lampu hijau dan mantan pemain Liverpool itu kini sudah bisa menjalani kehidupan dengan normal.

"Saya pensiun dini (karena cedera lutut), tapi hal ini (kanker) membuat saya melihat bahwa keputusan untuk pensiun bukanlah hal yang penting. Sekarang, fokus saya hanya beristirahat," tambah pemain asal Spanyol tersebut.

Enrique akan kembali bermain sepak bola untuk Liverpool untuk laga legenda di Hong Kong. Sebelum itu, ia juga akan hadir di laga final Liga Champions 2018/19 di Stadion Wanda Metropolitano untuk mendukung skuat Jurgen Klopp.