Liga Indonesia

3 Pelatih Top Eropa yang Logis Gantikan Ivan Kolev Tangani Persija Jakarta

Sabtu, 1 Juni 2019 17:34 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Lanjar Wiratri
 Copyright:

INDOSPORT. COM - Persija Jakarta bersama pelatihnya Ivan Kolev, belakangan sedang mengalami tren buruk di kompetisi sepak bola Indonesia, Liga 1 2019. Jika manajemen Persija Jakarta berminat, ada beberapa nama pelatih top Eropa yang cukup logis untuk gantikan Ivan Kolev.

Ya, menyandang status juara bertahan, Persija Jakarta malah terseok-seok di Liga 1 2019. Keterpurukan Persija Jakarta sudah bisa terlihat di tiga pekan awal kompetisi.

Persija Jakarta hanya bisa meraup satu poin dari tiga laga yang dijalaninya. Bahkan, Persija Jakarta belum sama sekali pernah meraih satu kemenangan pun.

Pada laga perdana, Persija Jakarta tertahan imbang 1-1 oleh Barito Putera. Berlanjut ke dua laga selanjutnya, Persija Jakarta secara berturut ditaklukan PSIS Semarang dan Bali United, masing-masing dengan skor 1-2 serta 0-1.

Akibat rentetan hasil buruk tersebut, Persija Jakarta kini terdampar di zona degradasi. Tim Macan kemayoran menempati urutan 16 dengan koleksi satu poin saja.

Mendapati situasi itu, banyak yang mulai menyuarakan agar Ivan Kolev segera lengser dari kursi kepelatihan Persija Jakarta. Media sosial juga nampak cukup ramai dengan tagar #kolevout.

Jika pihak manajemen ke depannya mendepak Ivan Kolev, Persija Jakarta tentu harus mencari pelatih baru. Namun, jelas bukan perkara mudah mendapatkan juru taktik anyar berkualitas yang bisa memberikan efek perkembangan instan.

Kalau Persija Jakarta berminat, sejatinya di luaran sana ada beberapa nama pelatih top Eropa yang logis untuk direkrut. Mereka pernah menjalani karier kepelatihan di kancah sepak bola Asia, dan bukan mustahil mau menangani Persija Jakarta.

Lalu, siapa saja kira-kira para pelatih top Eropa yang dimaksudkan tadi? INDOSPORT coba mengulasnya ke dalam rangkuman singkat berikut ini.


Felix Magath

©
Caption Copyright: Felix Magath Saat Masih Melatih Bayern Munchen

Sosok pelatih yang satu ini pernah dipercaya untuk menangani klub raksasa Jerman, Bayern Munchen. Bahkan, pada musim 2004/05 dan 2005/06, Felix Magath berhasil membawa Munchen merajai gelaran Bundesliga Jerman.

Nama Magath sendiri sejatinya cukup logis untuk menangani Persija Jakarta menggantikan Ivan Kolev. Pasalnya, Magath juga pernah merasakan melatih klub benua Asia pada 2016 lalu bersama SD Luneng.

Terlebih, peluang semakin terbuka bila melihat status Magath saat ini. Ia kini sedang tak memiliki klub alias pengangguran dan tentunya bisa didekati manajemen Persija Jakarta.