Liga Champions

Final Liga Champions 2019: Adu Hebat Alisson vs Lloris, Siapa yang Punya Tangan Malaikat?

Sabtu, 1 Juni 2019 13:48 WIB
Editor: Juni Adi
© Twitter.com/@betcrismx
Alisson Becker dan Hugo Lloris. Copyright: © Twitter.com/@betcrismx
Alisson Becker dan Hugo Lloris.

INDOSPORT.COM - Dua tim asal Inggris berhasil memastikan diri akan tampil di pertandingan final Liga Champions musim 2018/19 ini, yaitu antara Tottenham Hotspur vs Liverpool pada Minggu (02/06/19) dini hari WIB.

Dihelat di Stadion Wanda Metropolitano, Madrid, pertandingan diprediksi akan berlangsung sengit. Sebab itu, seorang kiper dari masing-masing tim disebut-sebut akan memegang peran penting, untuk menentukan kemenangan di laga nanti.

Bagi Liverpool, ini merupakan laga final Liga Champions untuk kedua kalinya secara beruntun. Musim lalu, kesempatan untuk merengkuh gelar juara kandas, karena mereka dikalahkan oleh Real Madrid dengan skor 1-3.

Dua dari tiga gol Los Blancos dalam laga tersebut, tercipta karena banyaknya blunder fatal yang dilakukan oleh kiper mereka, Loris Karius.

Namun di final kali ini, gawang The Reds akan sedikit lebih aman karena akan dihuni oleh kiper berkualitas asal Brasil, Alisson Becker.

Sementara gawang Tottenham Hotspur, akan kawal oleh kiper yang baru saja membawa Prancis merebut gelar juara dunia, Hugo Lloris sebagai benteng terakhir.

Meski bermain di posisi yang sulit untuk digantikan, Lloris musim ini tidak tampil penuh di Liga Champions bersama Spurs. Dari 12 pertandingan yang dilakoni, Lloris hanya turun sebanyak 10 kali.  

Adapun dua pertandingan yang dilewatkannya adalah melawan Inter Milan dan PSV di babak penyisihan grup. Kartu merah dan cedera paha jadi penyebab ia absen.

Dilansir dari statistik UEFA.com, Lloris total bermain sebanyak 889 menit di Liga Champions, dengan membukukan 29 kali penyelamatan. 

18 penyelamatan diantaranya dilakukan dalam kotak 16, yang merupakan area kekuasaan kiper. Selama tampil, gawang Lloris sudah kebobolan 13 kali di Liga Champions musim ini.

Dibanding Lloris, Alisson punya catatan lebih baik dalam menjaga gawang dari serangan lawan di Liga Champions musim ini. Hal itu membuat kiper berusia 26 tahun tersebut selalu dipercaya tampil oleh pelatih Jurgen Klopp.

© Getty Images
Alisson Becker sebelum melakukan penyelamatan gemilang. Copyright: Getty ImagesAlisson Becker sebelum melakukan penyelamatan gemilang.

Alisson total bermain sebanyak 12 pertandingan, dengan menit bermain mencapai 1080 menit. Mantan penggawa AS Roma itu memiliki jumlah penyelamatan jauh lebih banyak dari Lloris, yakni 38 penyelamatan.

26 diantaranya dilakukan di area kekuasaan kiper, six yard box dan baru kebobolan 12 kali. Selisih satu gol dari Lloris. Selain itu, kehebatan dua kiper ini juga tak hanya menjaga gawang melainkan juga menjadi pengumpan andal.

Keduanya sama-sama memiliki akurasi umpan yang baik. Lloris memiliki persentase akurasi umpan mencapai 80 persen, sementara Alisson 84 persen.

Tak hanya di Liga Champions, Hugo Lloris dan Alisson Becker juga jadi andalan Tottenham dan Liverpool di ajang lainnya, seperti Liga Primer Inggris. Musim ini Lloris tampil membela Tottenham sebanyak 43 kali, sementara Alisson 50 kali.