Liga Indonesia

Indra Sjafri Antisipasi Pemain Tak Dilepas Klub ke Timnas Indonesia U-23

Sabtu, 1 Juni 2019 21:00 WIB
Penulis: Prabowo | Editor: Lanjar Wiratri
© Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Laga uji coba antara Timnas Indonesia U-23 melawan PSIM Yogyakarta di Stadion Sultan Agung, Bantul, Minggu (02/06/19) diprediksi akan dipadati penonton. Foto: Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT Copyright: © Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Laga uji coba antara Timnas Indonesia U-23 melawan PSIM Yogyakarta di Stadion Sultan Agung, Bantul, Minggu (02/06/19) diprediksi akan dipadati penonton. Foto: Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT

INDOSPORT.COM - Pelatih Timnas Indonesia U-23, Indra Sjafri, memanggil banyak nama-nama baru dalam pemusatan latihan di Yogyakarta. Dari 26 nama yang dipanggil, hampir separuhnya merupakan debutan danhal itu dilakukan sebagai bagian dari ancang-ancang Indra jika pemain yang memperkuat klub tidak dilepas.

Indra Sjafri memang memanggil mayoritas nama-nama baru ke Timnas U-23. Mereka sebelumnya tak masuk skuat di Piala AFF U-22 2019 lalu.

Pelatih asal Padang itu sengaja memanggil pemain baru yang selama ini kualitasnya belum dilihat secara detail. Namun, sang pelatih juga mengisyartkan ancang-ancang andai pemain utamanya tak dilepas klub saat SEA Games 2019 nanti.

"SEA Games kan bukan agenda resmi FIFA. Jadi siapa tahu pemain-pemain kita nanti yang bermain di luar negeri tidak mendapatkan izin dari klubnya untuk bergabung ke timnas," kata Indra Sjafri di Balaikota Yogyakarta, Sabtu (01/06/19).

Juru taktik berusia 56 tahun itu secara tak langsung sudah menggaransi dua sosok yakni Egy Maulana Vikri (Lechia Gdansk/Liga Polandia) dan Saddil Ramdani (Pahang FA/Liga Malaysia). Selain keduanya, ada beberapa nama lain yang kemungkinan masuk skuat seperti Firza Andika (AFC Tubize/Liga 2 Belgia), dan Ezra Walian (RKC Waalwijk).

Dengan agenda SEA Games tak masuk kalender FIFA, ada kemungkinan pemain yang berkarir di luar negeri tak mendapatkan ijin. Beberapa pemain sempat mengalami hal serupa, seperti Egy Maulana di ajang Kualifikasi Piala AFC U-23 lalu yang terlambat bergabung.

"Saya tidak perlu bergantung kalau memang klub mereka nanti tidak memberi ijin. Makanya harus ada alternatig dan mencari pemain dengan kualitas yang tidak jauh berbeda," tambah mantan pelatih Bali United itu.

Timnas Indonesia U-23 dijadwalkan akan menjajal kekuatan PSIM Yogyakarta di Stadion Sultan Agung, Bantul, besok malam. Setelah itu, skuat Garuda Muda terbang ke Singapura untuk mengikuti Merlion Cup pada 7-9 Juni 2019.