Liga Indonesia

Jajal Profesi Pelatih, Syamsir Alam Pertanyakan Timnas Senior yang Melempem

Sabtu, 1 Juni 2019 16:39 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
© INDOSPORT
Syamsir Alam saat ditemui tim Indosport. Copyright: © INDOSPORT
Syamsir Alam saat ditemui tim Indosport.

INDOSPORT.COM – Baru-baru ini mantan pesepakbola nasional Syamsir Alam memutuskan untuk menjadi pelatih sepak bola, tepatnya membina akademi sepak bola Asiop Apacinti. Ia juga membuat sebuah akun Youtube untuk berbagi rutinitasnya sebagai pelatih atau coach.

Hingga kini cukup banyak tokoh sepak bola nasional dan pengamat sepak bola yang ditemui Syamsir Alam selama mendampingi akademi Asiop, bahkan tak jarang ia juga mengajak orang-orang untuk berbagi tentang dunia sepak bola di akun Youtube-nya.

Teranyar, ia mengajak Direktur Teknik Asiop, Barry Sidik untuk berdiskusi tentang perkembangan sepak bola Indonesia, khususnya Timnas Indonesia.

Secara khusus mantan pemain DC United itu menyoroti prestasi pemain Timnas Indonesia di usia muda, namun seringkali melempem saat sudah membela Timnas Indonesia senior.

“Ketika muda-muda, pemain Indonesia tuh umur 12 sampai 15 tahun lawan tim-tim besar Asia, walaupun Eropa, bisa seri bahkan menang. Tapi kenapa ketika senior kita malah kayak menurun,” tanya Syamsir Alam.

Barry Sidik pun mengungkapkan jika tugas untuk membina pemain sepak bola sampai benar-benar profesional dalam membela tim nasional adalah akademi dan kompetisi kelompok usia.

“Sebenarnya itu tak akan lepas dari pola pembinaan, makanya yang dilakukan federasi sekarang ini sangat tepat dengan adanya Elite Pro Academy. Ini kan binaan lanjutan dari akademi atau dari SSB, mereka yang benar-benar dipilih secara selektif masuk ke Pro Academy di Liga 1 U-16 atau U-18, atau U-20,” jawabnya.

“Mudah-mudahan semua klub Liga 1 sadar betul bahwa pembinaan di akademi ini penting, biar nanti juga yang dibutuhkan timnas, baik junior maupun senior, benar-benar sudah siap,” tambah Barry Sidik lagi.

Sebagaimana diketahui pada tahun 2019, PSSI mulai menggaungkan kompetisi Liga 1 Elite Pro Academy U-16, U-18, dan U-20 yang akan diikuti oleh peserta Liga 1 2019.

Untuk usia U-16 telah dilangsungkan sejak bulan April lalu, sementara kick off Liga 1 U-18 akan dilangsungkan pada 15 Juni mendatang, disusul Liga 1 U-20 yang akan dihelat mulai 11 Juli nanti.