Liga Champions

Alisson Becker Patahkan Rekor yang 16 Tahun Bertahan di Final Liga Champions

Minggu, 2 Juni 2019 10:40 WIB
Penulis: Rialdi | Editor: Isman Fadil
© Getty Images
Wajah semrawut ditunjukan Alisson Becker usai melakukan blunder. Copyright: © Getty Images
Wajah semrawut ditunjukan Alisson Becker usai melakukan blunder.

INDOSPORT.COM - Kiper asal Brasil, Alisson Becker, mencatatkan rekor heroik pada pertandingan final Liga Champions 2018/19. Ia memecahkan rekor yang telah bertahan selama 16 tahun.

Liverpool berhasil meraih kemenangan 2-0 atas Tottenham Hotspur pada laga final Liga Champions di Stadion Wanda Metropolitano, Minggu (02/06/19). Gol kemenangan The Reds disumbangkan oleh Mohamed Salah dan Divock Origi.

Pertandingan itu adalah final Liga Champions pertama sejak musim 2003/04, di mana seorang kiper mencatatkan banyak penyelamatan dan meraih cleansheet atau tidak kebobolan.

Sebenarnya, pencapaian itu juga dimiliki oleh Edwin van Der Sar ketika mengantarkan Manchester United juara Liga Champions 2009 dan Hans-Jörg Butt semusim setelahnya bersama Bayern Munchen.

Namun, menurut Opta Jose, penyelamatan yang dilakukan oleh Alisson tercatat lebih banyak dibanding Van der Sar dan Jorg Butt yang juga meraih cleansheet. 

Keberhasilan menjuarai Liga Champions sendiri adalah trofi pertama yang berhasil diraih Alisson Becker. Sebelumnya, ia belum pernah memenangkan apapun ketika membela Internacional dan AS Roma. 

1