Liga Champions

Juara Liga Champions, Jurgen Klopp Hapus Kutukan di Eropa

Minggu, 2 Juni 2019 11:16 WIB
Penulis: Alvin Syaptia Pratama | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Visionhaus/Getty Images
Skuat Liverpool melemparkan Jurgen Klopp ke atas simbol ucapan terima kasih. Visionhaus/Getty Images Copyright: © Visionhaus/Getty Images
Skuat Liverpool melemparkan Jurgen Klopp ke atas simbol ucapan terima kasih. Visionhaus/Getty Images

INDOSPORT.COM – Liverpool berhasil memenangkan gelar Liga Champions 2018/19 setelah berhasil menundukkan Tottenham Hotspur dengan skor 2-0 pada laga final yang digelar di Stadion Wanda Metropolitano, Minggu (02/06/2019) dini hari.

The Reds unggul melalui gol cepat Mohamed Salah pada menit ke-2 serta gol Divock Origi pada penghujung babak kedua. Dua gol tersebut yang memastikan klub sepak bola asal Merseyside meraih gelar keenam di Liga Champions setelah terakhir kali memenangkan pada tahun 2005 saat final di Istanbul melawan AC Milan.

Kemenangan ini sekaligus menghapus rekor buruk pelatih Liverpool Jurgen Klopp selama menangani timnya di babak puncak kompetisi antar klub Benua Eropa. Saat masih menangani Borussia Dortmund di final Liga Champions 2012/13, klub sepak bola yang ditangani pelatih asal Jerman tersebut takluk dari lawan senegaranya Bayern Munchen.

Kenangan buruk Klopp berlanjut di final Liga Europa sesaat setelah menangani Liverpool, bermain di Basel anak asuhnya harus mengakui keunggulan Sevilla dengan skor 1-3 untuk mengubur mimpi The Kop bermain di Liga Champions periode berikutnya.

Tak berhenti disitu, musim lalu saat berhasil mengantarkan Liverpool menembus babak final Liga Champions yang berlangsung di Kiev, Klopp kembali gagal membawa pulang trofi turnamen antar klub sepak bola Benua Biru. Liverpool harus mengakui keunggulan Real Madrid dengan skor 1-3.

Kutukan itu berakhir semalam setelah Jordan Henderson dkk berhasil membawa pulang piala si kuping besar ke Inggris dengan kemenangan dua gol tanpa balas serta memberi catatan manis pada perjalanan karier Klopp.