Liga Champions

Liverpool Juara Liga Champions, Jurgen Klopp Masuk Daftar Pelatih Elite Jerman

Minggu, 2 Juni 2019 07:06 WIB
Penulis: Rialdi | Editor: Isman Fadil
© Fox Sports
Jurgen Klopp kesal dengan pemain PSG Copyright: © Fox Sports
Jurgen Klopp kesal dengan pemain PSG

INDOSPORT.COM - Jurgen Klopp akhirnya mampu menjuarai Liga Champions 2018/2019. Keberhasilan itu didapat setelah Liverpool sukses meraih kemenangan atas Tottenham Hotspurs, Minggu (02/06/19) dini hari WIB.

Bermain di Stadion Wanda Metropolitano, Madrid, Liverpool meraih kemnangan dua gol tanpa balas, lewat eksekusi penalti Mohamed Salah dan sepakan mendatar Divock Origi.

Ini adalah trofi juara Liga Champions pertama bagi Jurgen Klopp. Sebelumnya, ia sudah dua kali melenggang di partai puncak ketika bersama Borussia Dortmund (2012/13) dan Liverpool (2017/18), tetapi belum beruntung.

Keberhasilan ini pun membuat rekor baru, yakni dengan menempatkan nama Jurgen Klopp di deretan pelatih elite asal Jerman. Ia menjadi pelatih kelima dari Jerman yang mampu memenangkan trofi bergengsi Eropa tersebut.

Para penduhulu Jurgen Klopp adalah Dettmar Cramer, Udo Lattek, Ottmar Hitzfeld, dan Jupp Heynckes. Ia menjadi pelatih Jerman kedua yang juara Liga Champions bersama klub non Jerman, setelah Jupp Heynckes bersama Real Madrid (1998).

Selain Klopp dan Heynckes, tiga pelatih lainnya meraih juara Liga Champions bersama klub Jerman. Udo Lattek dengan Bayern Munchen (1974), Dettmarr Cramer dua musim beruntun bersama Bayern Munchen (1975 dan 1976).

Sementara Ottmar Hitzfeld, ia meraih gelar juara Liga Champions bersama Borussia Dortmund pada edisi 1997. Adapun Heyckess sempat mempersembahkan trofi Si Kuping Besar untuk Bayern Munchen pada 2013. Uniknya, Heynckess meraih gelar juara itu setelah mengalahkan Dortmund di bawah asuhan Jurgen Klopp.