Liga Indonesia

Profil Klub Liga 2: Mitra Kukar, Pede Promosi Meski Persiapan Minim

Kamis, 13 Juni 2019 21:05 WIB
Editor: Juni Adi
© Eli Suhaeli/INDOSPORT/mitrakukarfc.official
Profil tim Mitra Kukar Liga 2 2019 Copyright: © Eli Suhaeli/INDOSPORT/mitrakukarfc.official
Profil tim Mitra Kukar Liga 2 2019

INDOSPORT.COM - Persaingan sengit di Liga 1 musim lalu rupanya menyisakan kekecewaan mendalam untuk Mitra Kukar. Klub asal Kalimantan Timur itu harus terdegradasi ke kasta kedua atau Liga 2.

Dalam 34 pertandingan yang sudah dilakoni, Mitra Kukar gagal mendulang banyak poin. Mereka terpaksa harus masuk daftar tiga tim zona merah karena finis di peringkat ke-16 dengan perolehan 39 poin.

Meski sempat dirundung kesedihan, kini Naga Mekes siap untuk bangkit demi mewujudkan target kembali ke Liga 1 2020. Apalagi kick-off Liga 2 sendiri sudah di depan mata, yang rencananya akan dimulai pada 22 Juni 2019.

Hal tersebut membuat Mitra Kukar terus melakukan persiapan, untuk mematangkan skuatnya, dengan cara mengikuti turnamen pramusim Piala Presiden 2019 sekaligus sebagai ajang pemanasan.

Namun, langkah Mitra Kukar tidak berjalan mulus. Mereka hanya menjadi bulan-bulanan klub Liga 1 yakni Bali United, Bhayangkara FC, dan Semen Padang di Grup B Piala Presiden 2019.

Alhasil, Mitra Kukar terjerembab di dasar klasemen tanpa meraih satu pun poin, karena selalu kalah di tiga pertandingan. Usai tersingkir di Piala Presiden, pelatih Mitra Kukar, Sukardi Kardok memutuskan untuk memberi libur kepada pemain.

Setelah kurang lebih dua pekan libur, skuat Mitra Kukar kembali berkumpul untuk melakukan training camp (TC) di Jakarta mulai Senin (20/5/19). Tak hanya latihan, Mitra Kukar juga melakukan sejumlah uji coba dengan klub lokal.

Namun lagi-lagi hasil uji coba belum bisa membuat pelatih Sukardi puas. Karena dari tiga pertandingan latih tanding mereka hanya bisa meraih satu kali kemenangan, yakni melawan Patriot Candrabhaga FC, dengan skor 5-0. 

Sementara dua laga lainnya harus berakhir dengan kekalahan, melawan Babel United dengan skor 0-3 dan Persika Karawang dengan skor 2-3.

"Kami hanya punya waktu lima hari TC, ditambah banyak pemain yang masuk dan keluar sehingga persiapan kurang maksimal. Tapi itu bukan alasan lah, kami akan benahi," kata Sukardi saat dihubungi awak INDOSPORT.

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Salah satu pemain Mitra Kukar mengeksekusi bola di kemelut gawang Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTSalah satu pemain Mitra Kukar mengeksekusi bola di kemelut gawang

"Secara keseluruhan anak-anak sudah tampil bagus. Hanya ada beberapa faktor yang perlu dibenahi, seperti komunikasi dan non teknis," tambahnya.

Dari informasi yang dirilis PT Liga Indonesia Baru (LIB), Mitra Kukar akan tergabung dalam Wilayah Timur bersama 10 tim lain dan akan bermarkas di Stadion Rondong Demang.

Ada pun 10 tim yang bakal menjadi lawan Mitra Kukar adalah Persatu Tuban, Persewar Waropen, Persiba Balikpapan, Sulut United, Persik Kediri, Madura FC, PSBS Biak Numfor, PSIM Yogyakarta, Martapura FC, dan Persis Solo.

Berikut portal berita olahraga INDOSPORT menghadirkan susunan pemain tim Mitra Kukar di kompetisi Liga 2 2019 per 13 Juni 2019.

Kiper: Gerry Mandagi, Ramadhan, Rizky Dharmawan.

Bek: Rendy Siregar, Gilang Ginarsa, Wiganda Pradika, Junda Irawan, Achmad Faris, Roni Fatahilah, Firly Apriansyah, Dedi Gusmawan, Zulchrizal Abdul Gamal, M. Rizky Ramadhan.

Tengah: Syahroni, Anindito Wahyu, Hendra Adi Bayauw, Atep, Rifan Nahumarury, Abdul Rohim, Ahmad Bustomi, Andre Agustiar, M Bachtiar, Arif Suyono, M Luthfi Kamal, Hagi Permana.

Depan: Rafly Mursalim, Putra Aprilianto, Adi Nugroho, Rishadi Fauzi.