Liga Indonesia

Bek Kiri Arema FC Sambut Antusias Rencana Penerapan VAR Di Liga 1

Senin, 3 Juni 2019 19:29 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Lanjar Wiratri
© Ian Setiawan/Indosport.com
Penuhi panggilan Timnas, fullback Arema FC masih ingin berlaga di Piala Presiden. Copyright: © Ian Setiawan/Indosport.com
Penuhi panggilan Timnas, fullback Arema FC masih ingin berlaga di Piala Presiden.

INDOSPORT.COM - Bek kiri Arema FC, Johan Ahmad Alfarizi menyambut secara antusias soal rencana PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) menerapkan VAR (Video Assistant Referees) di Liga 1. Alfarizi menilai kehadiran VAR memiliki sejumlah dampak positif.

Seperti pendapat pada umumnya, dia setuju dengan tujuan VAR sejak awal diciptakan. VAR memang disdesain untuk meminimalisir potensi keputusan kontroversial wasit atas insiden yang krusial di pertandingan.

"Saya mendukung saja. Yang penting, pertandingan berjalan fair, tidak ada protes-protes," ucap Alfarizi kepada INDOSPORT.

"Setiap pemain pasti ingin bertanding di pertandingan yang fair tanpa kontroversi," sambung Johan Ahmad Alfarizi.

Di Liga 1 musim ini, sejumlah laga sudah diiringi dengan keputusan kontroversial dari wasit yang bertugas. Sedangkan penerapan VAR sendiri bisa membantu kinerja wasit dalam mengambil keputusan secara bijak, tanpa memunculkan aksi-aksi protes bernada ketidakpuasan.

"Kan bisa dilihat lagi saat gol sah atau tidak, terus penalti juga. Bagus lah, bisa membantu wasit," ungkap Johan Ahmad Alfarizi.

PT LIB sendiri tengah mengupayakan untuk meningkatkan kualitas pertandingan di Liga 1, melalui perangkat yang menunjang kinerja wasit. Penerapan VAR pun menjadi salah satu opsi, selain pengadaan alat komunikasi yang membantu kinerja wasit.