Liga Indonesia

Reaksi 2 Pelatih Juara Terkait Penggunaan VAR di Liga 1 Indonesia

Selasa, 4 Juni 2019 17:23 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pelatih Jacksen F Tiago pada jumpa pers Barito Putera jelang laga Liga 1 lawan Bhayangkara FC di stadion Patriot, Bekasi, Senin (27/05/19). Foto: Herry Ibrahim/Herry Ibrahim Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pelatih Jacksen F Tiago pada jumpa pers Barito Putera jelang laga Liga 1 lawan Bhayangkara FC di stadion Patriot, Bekasi, Senin (27/05/19). Foto: Herry Ibrahim/Herry Ibrahim

INDOSPORT.COM - Komite Eksekutif (Exco) PSSI belum lama ini menyarankan penggunaan Video Assistant Referee (VAR) di kompetisi kasta teratas Tanah Air, Liga 1. Exco PSSI meminta kepada PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi untuk segera mengkaji mengenai biaya dan insfrastruktur bila menggunakan VAR.

Itikad untuk pemakaian VAR tersebut didasari banyaknya protes dari penggemar sepak bola terkait kepemimpinan wasit yang kerap salah mengambil keputusan penting saat pertandingan. Dalam beberapa pertandingan di awal Liga 1 2019, wasit dinilai tak bisa memberikan keputusan adil dan merugikan klub.

Menanggapi hal tersebut, dua pelatih yang pernah merasakan gelar juara di Liga Indonesia yakni Alfredo Vera dan Jacksen F. Tiago lantas angkat bicara. Keduanya memiliki pandangan yang tersendiri terkait penerapan VAR di kompetisi nasional.

"VAR itu kalau bisa buat lebih bagus ya saya setuju. Jadi buat laga lebih bagus," kata Alfredo 

"Semua yang bisa membuat sepak bola Indonesia lebih bagus dan maju, ya saya mendukung itu," imbuhnya.

Hal senada juga disampaikan Jacksen yang menanggap penggunaan VAR lumrah saja terjadi jika PSSI dan operator sudah siap. Hal itu tentu akan membantu meningkatkan kuakutas kompetisi dan meminimalisir polemik atau kontroversi yang kerap terjadi.

"Memang banyak polemik, tapi saya tak banyak komentar soal itu. Tren teknologi ini saya rasa sesuai kebijakan apalagi ini naungan FIFA, jadi saya rasa tidak salah," ucapnya.

VAR sendiri bukan hal asing untuk dunia sepak bola. Kegunaan VAR dinilai akan mampu membantu sang pengadil lapangan dalam memberikan penilaian yang adil, termasuk di Indonesia yang wasitnya kerap dinilai melakukan banyak kontroversi.