Bola Internasional

Brazil Tak Perlu Khawatir, 2 Pemain Ini Bisa Gantikan Peran Neymar di Copa America 2019

Kamis, 6 Juni 2019 17:44 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Pemain Timnas Brasil, Neymar, dipastikan batal memperkuat negaranya di Copa America menyusul cedera serius yang dialami dalam laga persahabatan melawan Qatar, Kamis (06/06/19).

Pertandingan sepak bola tersebut digelar sebagai pemanasan jelang Copa America 2019 yang akan segera berlangsung pekan depan. Sayangnya, Neymar justru mengalami cedera serius di babak pertama.

Neymar terlihat sangat kesakitan hingga harus dibawa ke luar lapangan. Pemain sepak bola yang membela tim Paris Saint-Germain itu tampak memutar pergelangan kakinya pada menit ke-17.

Pelatih Brasil, Adenor Leonardo Bacchi, alias Tite, pun mesti memutar otak untuk mencari penggantinya. 

Mengingat waktu yang sudah mepet dan tak memungkinkan bagi Brazil untuk mencari pemain pengganti, maka Tite pun mesti memaksimalkan pemain yang telah ada. 

Saat ini Brazil dihuni 23 pemain untuk Copa America 2019. Di posisi penyerang, ada enam pemain (setelah dikurangi Neymar) yang bisa diturunkan. 

Mereka adalah David Neres, Gabriel Jesus, Lucas Moura, Everton, Roberto Firmino, dan Richarlison. Selain keenam nama itu, ada satu pemain tengah yang memiliki kemampuan bermain di posisi penyerang, yakni Philippe Coutinho. 

Namun, berdasarkan preferensi posisi dan juga performa terakhir, hanya ada dua pemain yang paling pas untuk menggantikan posisi Neymar, mereka adalah Everton dan Richarlison.

Alasan pertama adalah posisi kedua pemain yang kuat sebagai penyerang sayap kiri. Neymar seperti yang kita ketahui memiliki posisi favorit di sayap kiri. 

Di posisi ini, ia main sebanyak 12 kali dan mencetak delapan gol musim lalu. Kedua setelah posisi penyerang tengah (11 gol). 

Tite sendiri kemungkinan tak akan menurunkan Neymar sebagai penyerang tengah di Copa America lantaran sudah ada Firmino, David Neres, dan Gabriel Jesus sebagai striker tengah. 

Everton, di sisi lain memiliki kemampuan kuat di sayap kiri. Awal musim ini saja ia mencetak tiga gol dari tujuh laga. Semusim sebelumnya, ia membuat 13 gol dari 29 laga. 

Everton memiliki statistik yang jauh lebih baik saat main di posisi penyerang kiri. Saat lawan Qatar pun, Neymar digantikan oleh Everton. 

Pemain kedua yang berpotensi menggantikan Neymar adalah Richarlison. Pemain yang baru mengoleksi sembilan caps di timnas ini memiliki posisi favorit sebagai penyerang sayap kiri. Di posisi ini, ia tampil 13 kali dan mencetak lima gol.

© Twitter/@BGT_ENG
Richarlison melewati pemain lawan pada partai Republik Ceko vs Brasil, Rabu (27/03/19). Copyright: Twitter/@BGT_ENGRicharlison melewati pemain lawan pada partai Republik Ceko vs Brasil, Rabu (27/03/19).

Absennya Neymar tentu sebuah kerugian bagi Brasil. Namun dengan banyaknya talenta hebat yang menghuni lini depan Tim Samba, sepertinya mereka tetap bisa difavoritkan sebagai tim juara tahun ini.