Bola Internasional

Ini Jawaban Mengapa Jepang dan Qatar Bisa Ikut Copa America 2019

Kamis, 6 Juni 2019 12:24 WIB
Editor: Juni Adi
© SBI Soccer
Jepang dan Qatar ikut dalam ajang Copa America 2019 yang akan digelar pada 14 Juni hingga 7 Juli 2019 sebagai undangan. Copyright: © SBI Soccer
Jepang dan Qatar ikut dalam ajang Copa America 2019 yang akan digelar pada 14 Juni hingga 7 Juli 2019 sebagai undangan.

INDOSPORT.COM - Turnamen sepak bola terbesar antara negara di benua Amerika Selatan, Copa America akan kembali digelar pada tahun 2019 ini di mana Jepang dan Qatar bakal turut berpartisipasi.

Untuk edisi kali ini, Brasil berkesempatan menjadi tuan rumah Copa America 2019 dan akan dihelat musim panas ini mulai dari tanggal 14 Juni hingga 7 Juli mendatang. 

Menariknya, dari 12 negara peserta yang ikut, ada dua negara dari benua Asia yang turut berpartisipasi dalam ajang empat tahunan tersebut yakni Jepang dan  tuan rumah Piala Dunia 2022, Qatar.

Lantas, mengapa bisa dua negara dari benua berbeda itu ikut berpartisipasi? Jawabannya cukup sederhana, karena kekurangan tim.

Sebab, federasi sepak bola Amerika Selatan (CONMEBOL) hanya memiliki 10 anggota, sedangkan format kompetisi harus menggunakan sistem 12 peserta.

Karenanya, CONMEBOL pun selalu mengundang dua negara dari benua lain untuk memenuhi kuota 12 peserta, dan juga untuk menambah persaingan.

Dilansir dari laman BBC Sports, kebijakan tersebut sudah diterapkan oleh CONMEBOL sejak Copa America tahun 1993. Kala itu, Meksiko dan Kosta Rika jadi negara pertama dari luar benua latin yang ikut.

"Copa Amerika 2019 di Brasil akan menjadi sebuah kompetisi emosional yang mana siapa saja bisa memenangkan gelar," ujar Presiden CONMEBOL, Alejandro Dominguez seperti dikutip dari ESPN.

Jepang sendiri sebelumnya sudah pernah ikut bermain di Copa Amerika pada tahun 1999. Sedangkan bagi Qatar, ini merupakan pertama kalinya mereka ikut Copa America.

Awalnya Copa Amerika 2019 akan diikuti 16 tim dengan melibatkan beberapa negara Amerika Tengah. Namun CONCACAF menolak undangan karena akan mereka akan menyelenggarakan turnamen Piala Emas 2019.

Sementara itu untuk pembagian grup, tuan rumah Brazil akan tergabung di grup A bersama Peru, Bolivia, serta Venezuela.

Kemudian unggulan lain yaitu Argentina berada di grup B bersama negara kuat lainnya yaitu Kolombia, Paraguay dan Qatar. 

Terakhir, sang juara bertahan Chile tergabung di grup C bersama Uruguay, Ekuador dan Jepang. Di dua edisi sebelumnya, turnamen ini berhasil dimenangkan oleh Chile pada Copa America 2015 dan 2016.