Liga Indonesia

Begini Kiprah Pelatih Asing di Liga 2, Bagaimana Eks Persib Asuh PSIM Yogyakarta?

Jumat, 7 Juni 2019 20:08 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Joko Sedayu
© Twitter/@PSIMJOGJA
Pelatih PSIM Yogyakarta Vladimir Vujovic. Copyright: © Twitter/@PSIMJOGJA
Pelatih PSIM Yogyakarta Vladimir Vujovic.

INDOSPORT.COM - Eks Persib Bandung (2013-2017) Vladimir Vujovic bakal mengasuh PSIM Yogyakarta di Liga 2 2019. Lantas bagaimana kiprah para pelatih asing di ajang ini dalam dua musim terakhir?

Kompetisi sepak bola nasional Liga 2 digunakan usai status PSSI, yang dihukum oleh FIFA, dipulihkan pada 2016 lalu. Sebelumnya kompetisi ini bernama Divisi Satu.

Ajang Liga 2 tak kalah menariknya dari kasta teratas sepak bola Tanah Air. Karena semua klub berlomba-lomba ingin meraih promosi agar eksistensi mereka bisa semakin dikenal luas.

Demi bisa naik kasta, manajemen klub tak segan-segan mendatangkan pemain dan pelatih berkualitas. Tak jarang juru skema dari luar negeri alias asing dihadirkan untuk mengangkat pamor klub.

Mereka diharapkan bisa menjawab tuntutan yang diberikan manajemen. Apalagi jika sang pelatih mampu meraih gelar di klub sebelumnya tentu akan dilihat keahliannya meracik tim.

© Twitter/@PSIMJOGJA
Pelatih PSIM Yogyakarta Vladimir Vujovic. Copyright: Twitter/@PSIMJOGJAPelatih PSIM Yogyakarta Vladimir Vujovic.

Sejauh ini kompetisi Liga 2 telah membukukan delapan pelatih asing yang digunakan para kontestan. Kiprah mereka pun berbeda-beda dengan yang lainnya.

Terlebih pada Liga 2 2019 ada salah satu pelatih asing asal Montenegro Vladimir Vujovic yang kini menukangi PSIM Yogyakarta.

Vujovic juga menjadi pelatih ke-10 dalam dua musim terakhir pada kompetisi yang bernama Liga 2 ini. Lantas bagaimana kiprah para pendahulu Vujovic?

1. Jaino Matos

© Ian Setiawan/INDOSPORT
Jaino Matos pelatih asal Brasil. Copyright: Ian Setiawan/INDOSPORTPelatih asal Brasil Jaino Matos.

Pelatih asal Brasil Jaino Matos dikontrak oleh 757 Kepri Jaya pada Liga 2 2017 lalu. Bersama Jaino Matos, 757 Kepri Jaya malah terdegradasi ke Liga 3 usai finis diurutan kelima Grup 1.

2. Mial Armand

© Topik Papua/Istimewa
Pelatih asal Kamerun Mial Balebata Armand. Copyright: Topik Papua/IstimewaPelatih asal Kamerun Mial Balebata Armand.

Kemudian juru taktik asal Kamerun, Mial Armand, pernah dipakai jasanya oleh Persigubin Pegunungan Bintang pada ajang Liga 2 2017. Bersama Mial, Persigubin terdegradasi ke Liga 3 usai hanya mengoleksi 14 angka.

3. Fernando Sales

© Arief Setiadi/Indosport.com
Fernando Sales Mantan Bintang ISL. Copyright: Arief Setiadi/Indosport.comPelatih asal Brasil Fernando Sales.

Lalu ada juru skema asal Brasil Fernando Sales yang menangani Persijap Jepara saat bermain di Liga 2 2017 lalu. Akan tetapi Persijap malah terjerembab ke Liga 3 usai mengoleksi 12 poin dan finis posisi tujuh.

4. Raja Isa

© Ian Setiawan/Indosport
Raja Isa didapuk menjadi pelatih MTR saat beruji coba melawan Persik Kediri. Copyright: Ian Setiawan/IndosportPelatih asal Malaysia Raja Isa.

Pelatih asal Malaysia Raja Isa juga pernah menangai klub Liga 2, yakni Persikabo Kabupaten Bogor pada musim 2017. Akan tetapi dibawah asuhan Raja Isa, Persikabo malah terdegradasi ke Liga 3 dengan hanya mengumpulkan delapan poin dan berada di posisi buncit.

5. Eladio Rojas

© Petrus Manus DaYerrimon
Staf kepelatihan Pro Duta saat menjalani siaran pers. Copyright: Petrus Manus DaYerrimonPelatih asing asal Chile Eladio Rojas (nomor dua dari kanan).

Pelatih asal Chile Eladio Rojas juga pernah menangani Pro Duta di Liga 2 2017 lalu. Ia menggantikan Ansyari Lubis pada 9 Mei lalu dan tiba-tiba Pro Duta malah mengundurkan diri dari Liga 2.

6. Angel Alfredo Vera

© Fitra Herdian/Indosport.com
Pelatih Persebaya Surabaya, Angel Alfredo Vera. Copyright: Fitra Herdian/Indosport.comMantan pelatih Persebaya Surabaya, Angel Alfredo Vera.

Kemudian ada juru latih Argentina Angel Alfredo Vera yang dipercaya menahkodai Persebaya Surabaya di Liga 2 2017. Puncaknya adalah ia berhasil membawa Bajul Ijo promosi ke Liga 1 2018.

7. Carlos de Mello

© Alvino Hanafi
Carlos de Mello Copyright: Alvino HanafiPelatih asal Brasil Carlos de Mello.

Berikutnya ada pelatih asal Brasil lainnya bernama Carlos de Mello yang sempat menangani PSGC Ciamis di Liga 2 2017. Akan tetapi Carlos de Mello hengkang pada 30 Mei silam.

8. Wanderley da Silva

© Ian Setiawan/INDOSPORT
Pelatih anyar Persipura Jayapura, Wanderley Junior. Copyright: Ian Setiawan/INDOSPORTMantan pelatih Persipura Jayapura, Wanderley Junior.

Selanjutnya ada pelatih asal Brasil Wanderley da Silva yang juga pernah menangai tim Liga 2 2018, yaitu Persiba Balikpapan. Namun ia tiba-tiba mengundurkan diri pada 5 Juli tahun lalu.

9. Simon Elissetche

© RRI
Mantan pelatih Aceh United asal Chile Simon Elissetche. Copyright: RRIMantan pelatih Aceh United asal Chile Simon Elissetche.

Terakhir ada pelatih asal Chile Simon Elissetche yang menukangi Aceh United di Liga 2 2018. Simon bahkan membawa Aceh United lolos ke babak berikutnya tetapi didepak manajemen.

Melihat kesembilan pendahulu Vladimir Vujovic menangani tim Liga 2, akankan pelatih yang pernah membawa Persib Bandung semasa menjadi pemain juara ISL 2014 ini berakhir manis atau malah buruk? Mari lihat saja nanti.