Bola Internasional

Mengenal Fran Kirby, 'Mini Messi' Tumpuan Chelsea dan Timnas Inggris

Jumat, 7 Juni 2019 14:45 WIB
Penulis: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya | Editor: Indra Citra Sena
© INDOSPORT
Pendukung Chelsea mengibarkan bendera berlogo klub. Copyright: © INDOSPORT
Pendukung Chelsea mengibarkan bendera berlogo klub.

INDOSPORT.COM - Sepak bola pada umumnya didominasi oleh kaum lelaki karena menuntut fisik dan stamina kuat yang dianggap hanya ada pada kaum adam. Siapa sangka wanita pun juga bisa bermain dan bahkan memiliki teknik yang tak kalah hebat dalam mengolah si kulit bundar. 

Namun, kali ini tim portal berita olahraga INDOSPORT tidak akan mengulas kedua wanita tersebut. Terdapat wanita cantik asal Inggris yang sempat meraih penghargaan pemain wanita terbaik di tanah Britania Raya pada musim 2017/18. Ialah Fran Kirby.

Wanita berusia 25 tahun ini dijuluki ‘Mini Messi’ oleh media Inggris karena kemampuan dribbling dan insting predatornya di lapangan bak Lionel Messi. Julukan ini disematkan mengacu kepada postur tubuhnya yang hampir seukuran dengan megabintang Barcelona tersebut.

Fran Kirby sendiri lahir di Inggris pada 29 Juni dan saat ini tengah membela tim wanita Chelsea dan juga timnas Inggris. Kehadirannya membuat tim wanita The Blues berhasil meraih gelar liga wanita pada musim 2017/18 dan membawa The Three Lions meraih satu tempat di Piala Dunia Wanita 2019.

Didatangkan pada tahun 2015, ia mampu memberikan kontribusi warna dalam tim wanita Chelsea. Bersama rekan-rekan wanita seprofesinya, ia menjadi salah satu pionir kebangkitan sepak bola bagi kaum hawa di tanah Inggris.

Hasilnya, ia dan timnas Inggris berhasil menjuarai gelaran SheBelieves Cup 2019 yang diselenggarakan di Amerika Serikat. Bertemu bintang sepak bola wanita sekaliber Alex Morgan tak membuatnya gentar. Ia berhasil merengkuh piala tersebut setelah di tahun sebelumnya hanya menjadi runner-up.

Bila dilihat dari catatannya, ia mencatatkan 37 pertandingan bersama Timnas Inggris dan berhasil mencetak 12 gol di level Internasional. Bersama Chelsea, ia tampil sebanyak 45 pertandingan dengan catatan tak kalah apik, yakni 26 gol.