Bola Internasional

Pablo Escobar, Gembong Narkoba yang Berjasa Bagi Sepak Bola Kolombia

Jumat, 7 Juni 2019 13:06 WIB
Penulis: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya | Editor: Isman Fadil
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Siapa yang tak kenal dengan kartel narkoba terbesar sepanjang masa, Pablo Escobar? Pria asal Kolombia ini menjadi perhatian publik berkat kejeniusannya mengelola bisnisnya yang membuat ia menjadi salah satu orang terkaya di dunia.

Pablo Escobar sendiri menjadi salah satu figur penting bagi Kolombia. Meski berbisnis barang haram tersebut, ia tetap memiliki jasa membangun perekonomian dan sumber daya manusia di sekitar Medelline. Salah satu jasanya adalah membangun sepak bola bagi negara di Amerika Selatan ini.

Hal ini diungkapkan dalam sebuah film dokumenter bernama Narcos. Dalam sinema tersebut, adik sang kartel narkoba Luz Maria mengungkapkan bahwa saudaranya tersebut sangat mencintai sepak bola.

Jasanya saat itu membuat beberapa lapangan sepak bola dan menginvestasikan sebagian hartanya untuk membangun olahraga satu ini pada dekade 80 an. Nama-nama legenda seperti Alexis Garcia, Chicho Serna, Rene Higuita and Pacho Maturana lahir dari lapangan yang ia buat.

Ia juga pernah menjadikan klub sepak bola Atletico Nacional sebagai tempat pencucian uangnya. Saat itu, dengan gelontoran uangnya, klub Kolombia tersebut berhasil memenangi Copa Libertadores untuk pertama kalinya dalam sejarah setelah menaklukan Club Olimpia asal Paraguay melalui drama adu penalti.

Kemenangan itu turut dirayakan oleh Pablo Escobar dan mengundang seluruh orang yang berafiliasi dengan tim Nacional datang ke peternakannya untuk merayakan gelar juara. Bahkan, tak tanggung-tanggung, ia memberi bonus dengan uang tunai hingga jutaan dollar.

Itulah secuil cerita yang dimiliki sang raja narkoba. Meski tangannya kotor karena bisnis yang ia jalani, namun ia tetap memiliki jasa yang luar biasa bagi tanah kelahirannya dan tentunya sepak bola Kolombia.