Bola Internasional

70 Tahun Lebih, Pria Israel Catatkan Diri Sebagai Pesepak bola Tertua di Dunia

Jumat, 7 Juni 2019 09:35 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Indra Citra Sena
© israel21c.org
Pesepak Bola Tertua di Dunia Isaak Hayik. Copyright: © israel21c.org
Pesepak Bola Tertua di Dunia Isaak Hayik.

INDOSPORT.COM - Predikat pesepak bola tertua dunia didapatkan oleh penjaga gawang asal Israel, Isaak Hayik, yang tercatat berusia lebih dari 70 tahun.

Hayik memegang rekor sebagai pesepak bola tertua di dunia saat dirinya membela klub Ironi Or Huda di Liga Bet South A atau kompetisi profesional kasta keempat Israel, Jumat (5/4/19).

Tak main-main, Hayik yang sudah berusia 73 tahun itu mampu bermain dalam waktu penuh 90 menit. Dirinya pun beberapa kali tercatat mampu melakukan penyelamatan.

Meski tak mampu menghindarkan timnya dari kekalahan dalam laga kontra Maccabi Ramat Gan, Hayik mendapatkan penghormatan usai laga dari Museum Rekor Dunia sebagai pesepak bola tertua yang bermain di kompetisi profesional.

Hayik memecahkan catatan yang sebelumnya dipegang pemain Uruguay Robert Carmona, yang bisa bermain di usia 53 tahun.

Usai mendapatkan penghargaan tersebut, Hayik dengan tegas menyebut apa yang didapatnya bukan kebanggaan bagi dirinya saja, melainkan juga seluruh masyarakat olahraga di Israel.

"Penghargaan ini bukan hanya kebanggaan bagi saya, tetapi juga untuk olahraga Israel secara umum," kata pria kelahiran Irak tersebut seperti dikutip dari israel21c.org.