Liga Inggris

Pep Guardiola Ungkap Sosok Penting di Balik Karier Hebatnya

Sabtu, 8 Juni 2019 17:23 WIB
Penulis: Rialdi | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Matthew Ashton - AMA/Getty Images
Pelatih Manchester City, Pep Guardiola (Photo by Matthew Ashton - AMA/Getty Images). Copyright: © Matthew Ashton - AMA/Getty Images
Pelatih Manchester City, Pep Guardiola (Photo by Matthew Ashton - AMA/Getty Images).

INDOSPORT.COM - Pep Guardiola bisa dibilang sebagai salah satu pelatih terbaik di dunia saat ini. Sebab, sederet trofi bergengsi sudah pernah dimenangkan oleh pria berkepala plontos tersebut.

Tercatat, ia sudah pernah memenangkan trofi Liga Champions, La Liga Spanyol, Copa del Rey, Bundeliga Jerman, hingga Liga Primer Inggris. Kehebatan itu membuat diriya kini dikaitkan dengan klub haus gelar, seperti Juventus.

Pep Guardiola pun mememiliki sosok di balik karier kepelatihannya yang hebat. Dia adalah direktur sepak bola Manchester City, Txiki Begiristain.

"Saya pikir Txiki adalah orang yang paling penting dalam karier saya sebagai manajer," kata Pep Guardiola di laman resmi Manchester City.

"Sekarang mungkin mudah untuk memercayai saya, tetapi sebelum saya menjadi orang dalam karier manajerial saya, dia memercayai saya. Tanpa itu saya tidak akan berada di sini, jadi saya akan selalu berhutang kepadanya," tuturnya menambahkan.

Txiki Begiristain adalah sosok yang berani menunjuk Pep Guardiola sebagai pelatih Barcelona pada beberapa tahun silam. Ketika itu, ia masih menjadi direktur sepak bola Blaugrana.

Karena kejeliannya dalam melihat bakat Pep Guardiola, Pxiki Begiristain pun ditarik oleh Manchester City untuk menjadi direktur sepak bola The Citizens sejak 2012.

Kombinasi antara Pxiki Begiristain dan Pep Guardiola membuatkan prestasi apik untuk Manchester City. Dalam dua tahun terakhir, keduanya mampu menghasilkan lima trofi, dua di antaranya adalah Liga Primer Inggris.